Menteri AHY:Pengukuran yang Maju Dan Modern,Bisa Mempermudah Dan Mempercepat Proses Pengukuran Tanah

Menteri AHY:Pengukuran yang Maju Dan Modern,Bisa Mempermudah Dan Mempercepat Proses Pengukuran Tanah

Istimewa_Kamis 6 Juni 2024 Menteri AHY melihat alat-alat pengukuran yang digunakan Kantor Pertanahan Kota Depok.--

RADARMAJALENGKA.COM-Untuk memastikan alat ukur yang digunakan merupakan alat modern dan maju Pada Kamis 6 Juni 2024, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut melakukan pengukuran bidang tanah di Kelurahan Cimpaeun, Kota Depok.

Dalam proses pengukuran bidang tanah tersebut, Menteri AHY didampingi oleh para petugas ukur BPN di Kota Depok. 

Menteri AHY mengatakan  pengukuran yang maju dan modern ini bisa mempermudah dan mempercepat proses pengukuran tanah.

BACA JUGA:Saksikan Langsung Pengukuran Tanah, Kata Menteri AHY:Pendaftaran Tanah Semakin Sistematis dan Lengkap

"Jadi kita juga menggunakan alat-alat dan teknologi yang membantu agar pengukuran akurat dan tingkat presisinya harus makin baik," jelas Menteri ATR/Kepala BPN 

Dalam proses pengukuran, Menteri AHY juga didampingi Direktur Jenderal Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Virgo Eresta Jaya melihat alat-alat pengukuran yang digunakan Kantor Pertanahan Kota Depok. 

Alat-alat tersebut dipajang di salah satu rumah warga yang berada di lokasi pengukuran. Di antara alat-alat tersebut, terdapat dua pesawat nir awak dengan tipe Quadcopter dan Fix Wing. 

BACA JUGA:Penerapan Model Pentahelix, Mengatasi Kekerasan Seksual pada Anak Tunarungu

Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, Indra Gunawan menjelaskan bahwa alat tersebut digunakan untuk pembuatan foto udara yang bisa menghasilkan foto tegak dan foto tiga dimensi. 

Selain itu, terdapat beberapa alat ukur lainnya barupa Receiver GNSS (Global Navigation Satellite System), Electronic Total Station, hingga alat ukur konvensional berupa pita ukur. Ia mengatakan, alat tersebut masih digunakan karena menyesuaikan topografi wilayah yang akan diukur.

Dalam kegiatan ini, Menteri AHY menyaksikan petugas ukur Kantor Pertanahan Kota Depok melaksanakan pengukuran di lokasi yang ditetapkan menjadi lokasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2024. Menteri AHY mengungkapkan, jika sudah didukung dengan alat-alat yang modern semua target bisa terselesaikan. 

BACA JUGA:Akhirnya Bisa Berangkat Haji, Visa Haji Nenek Hermat Sempat Tertunda

Dengan begitu akan semakin banyak masyarakat yang bisa menerima sertipikat tanah. 

"Kalau sudah punya sertipikat, semuanya akan lebih tenang. Semoga sertipikatnya bisa dijaga, agar tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: