Jamur Lingzhi Yang Jarang Diketahui Ternyata Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Jamur Lingzhi Yang Jarang Diketahui Ternyata Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Manfaat jamur Lingzhi -Hello Sehat -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Jamur lingzhi memiliki ciri khas berwarna cokelat keunguan, bertangkai panjang, dan berbentuk seperti kipas. Jamur yang dapat tumbuh di daerah panas dan lembap ini berasal dari kawasan Tiongkok, Jepang, dan Amerika Utara yang juga dibudidayakan di kawasan Asia. Jamur lingzhi digambarkan sebagai Jamur yang sulit dimasak, berstruktur keras, dan terasa pahit. Meski begitu, manfaat Jamur lingzhi, khususnya untuk kesehatan cukup beragam. Hal ini berkat sifat antikanker, antiradang, sampai antioksidan yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat Jamur lingzhi untuk kesehatan yang bisa didapatkan:

1. Melawan depresi dan kelelahan

Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, mengonsumsi jamur lingzhi juga mampu meredakan depresi dan kelelahan. Selain itu, mengonsumsi jamur ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit tertentu.

2. Mencegah penyakit kanker

Jamur lingzhi kaya akan asam lemak, asam amino, alkaloid, steroid, enzim, triterpenoid, dan polisakarida. Triterpenoid dan polisakarida adalah senyawa yang berkontribusi pada sifat antikanker jamur lingzhi.

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat jamur lingzhi selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Pasalnya, jamur ini mengandung molekul polisakarida yang mampu mengontrol tekanan darah dengan cara menghambat enzim yang menyempitkan pembuluh darah, sehingga mencegah tekanan darah meningkat. Selain itu, kandungan antioksidan dan antiradang berupa polifenol di dalamnya juga ikut berperan dalam mengontrol tekanan darah.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat tersebut diyakini berasal dari senyawa yang bersifat antioksidan dan antiradang, salah satunya polifenol. Dengan begitu, kesehatan jantung Anda akan tetap terjaga. 

5. Menurunkan kadar gula darah

Senyawa polifenol yang bersifat antiradang dalam jamur lingzhi mampu menurunkan kadar gula darah, memperbaiki resistensi insulin, bahkan mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat jamur lingzhi untuk penderita diabetes. Demikian manfaat jamur lingzhi yang sulit dimasak namun menyehatkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: