Ternyata Minuman Jahe Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Ternyata Minuman Jahe Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat minuman jahe yang bagus untuk kesehatan tubuh -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Manfaat minuman jahe untuk kesehatan diperoleh dari 2 senyawa alami utamanya, yaitu gingerol dan shogaol. Tanaman yang memiliki rasa pedas ini kerap diolah menjadi minuman jahe, yang terbuat dari rebusan air dan jahe. Untuk mengurangi rasa pedas dan membuatnya menjadi lebih nikmat, minuman jahe dapat ditambahkan bahan-bahan lain, seperti madu atau susu, tanpa mengurangi khasiatnya bagi kesehatan. Inilah berbagai manfaat dari mengonsumsi minuman jahe yang bisa Anda dapatkan:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat minuman jahe dalam menurunkan berat badan juga diperoleh dari gingerol. Senyawa alami ini memiliki efek antiobesitas yang dapat mempercepat proses pencernaan makanan di usus. Gingerol juga dapat menjaga gula darah tetap stabil, sehingga nafsu makan menurun dan berat badan pun akan lebih cepat berkurang.

BACA JUGA:Mahasiswa S2 Stiku Pengabdian Masyarakat di Santi Asromo

2. Mengatasi mual

Kandungan gingerol dalam minuman jahe diyakini mampu mengatasi mual akibat mabuk perjalanan, kehamilan, maupun kemoterapi. Minuman jahe juga dipercaya dapat meredakan pusing dan mencegah muntah yang kerap menyertai rasa mual.

3. Mengurangi reaksi alergi

Sifat antiradang pada minuman jahe diyakini mampu mengurangi berbagai reaksi alergi, yang terjadi akibat adanya peradangan dalam tubuh. Berbagai reaksi alergi yang dapat diredakan misalnya pembengkakan dan iritasi pada hidung, mata, maupun tenggorokan.

BACA JUGA:Diduga Sakit Hati, Rumah dan Mobil Mantan Istri Dibakar

4. Mengatasi sakit maag

Minuman jahe merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi dispepsia, atau sakit maag, kondisi dimana perut terasa sakit, kembung, serta banyak bersendawa setelah makan. Mengonsumsi minuman jahe diyakini dapat mempercepat pengosongan perut, sehingga sakit perut dan gejala dispepsia lainnya dapat teratasi.

BACA JUGA:Indonesia Dikalahkan Guinea U-23 dalam Laga Playoff Olimpiade, Bagaimana Reaksi Ketum PSSI?

5. Mengobati flu

Dalam pengobatan tradisional, minuman jahe dikenal sebagai obat herbal untuk mengobati flu. Manfaat ini didapatkan dari sifat antivirus dan antibakteri pada minuman jahe, yang menjadikannya berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit infeksi, salah satunya flu. Itulah beragam manfaat dari minuman jahe yang bagus untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: