Kacang Koro Dapat Mencegah Kanker? Simak Beberapa Manfaatnya

Kacang Koro Dapat Mencegah Kanker? Simak Beberapa Manfaatnya

Manfaat kacang koro bagi tubuh -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kacang koro merupakan tanaman Kacang yang biasa ditemui di wilayah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. tanaman Kacang koro sendiri memiliki batang yang merambat serta bentuk buah yang besar, panjang, dan pipih menyerupai pedang. Olahan makanan dari Kacang koro juga cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, meski tidak sepopuler jenis Kacang lainnya, seperti buncis dan Kacang hijau. Biji Kacang koro biasanya dikonsumsi sebagai camilan dan campuran untuk menu masakan. Dengan beragam kandungan nutrisi dan antioksidan di atas, konsumsi Kacang koro dapat memberikan beragam potensi manfaat kesehatan, seperti:

BACA JUGA:Tantangan dalam Menemukan Sumber Motivasi Hidup

1. Mencegah kanker

Manfaat ini berasal dari senyawa kimia, seperti saponin, flavonoid, dan alkaloid yang terkandung dalam kacang koro. Ketiga senyawa tersebut memiliki efek antioksidan, sehingga bisa mencegah efek paparan radikal bebas yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kacang koro kaya akan fosfor, salah satu mineral penting yang berperan dalam membangun jaringan tulang dan gigi. Namun, sayangnya fosfor tidak dapat diproduksi secara mandiri oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kebutuhan harian mineral ini tercukupi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan fosfor, seperti kacang koro.

3. Menjaga kesehatan jantung

Flavonoid yang terkandung dalam kacang koro memiliki beragam manfaat, salah satunya menjaga kesehatan jantung. Flavonoid dapat merelaksasi pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah bisa lebih lancar. Efek akhir dari tekanan darah yang terkontrol dan aliran darah yang lancar adalah menurunnya risiko terjadinya penyakit jantung.

4. Meningkatkan massa otot

Untuk meningkatkan massa otot, Anda memerlukan asupan protein dan latihan yang cukup. Protein sendiri merupakan komponen struktural yang sangat dibutuhkan untuk membangun jaringan otot. Guna mencukupi kebutuhan protein tersebut, Anda dapat mengonsumsi kacang koro sebagai alternatif sumber protein. Konsumsi sekitar 100 gram kacang koro dapat mencukupi hampir sepertiga kebutuhan protein harian orang dewasa.

BACA JUGA:Xavi Beri Peringatan untuk Hansi Flick Pelatih Baru Barcelona, Kata Xavi: Barcelona itu Sulit

5. Meningkatkan daya ingat

Mengonsumsi kacang koro juga mampu memenuhi kebutuhan thiamin atau vitamin B1. Tercukupinya asupan vitamin ini dapat meningkatkan konsentrasi serta memori. Selain itu, berdasarkan penelitian, vitamin B1 juga bermanfaat untuk mencegah penurunan fungsi kognitif sehingga dapat mencegah risiko terjadinya penyakit Alzheimer. Demikian manfaat kacang koro yang sangat menyehatkan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: