Ini Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Nyeri Haid Hingga Mengurangi Risiko Kanker

Ini Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Nyeri Haid Hingga Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat jahe untuk kesehatan-canva-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COMJahe mempunyai banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan. Mulai dari meredakan nyeri haid hingga bisa mengurangi risiko kanker.

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang tumbuh subur di tanah Indonesia. Jahe yang merupakan tanaman rimpang ini juga kaya akan nutrisi seperti mineral, serat, vitamin dan lainnya.  Dengan begitu, jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah apa saja ya manfaat jahe untuk kesehatan? Berikut beberapa manfaat jahe.

BACA JUGA:Jangan Anggap Enteng Minuman Tradisional, Ini Dia Minuman Tradisonal yang Menyehatkan

1. Meredakan Berbagai Gangguan Sistem Pencernaan

Manfaat minum jahe bagi tubuh salah satunya adalah mampu mengatasi dispepsia, yaitu sekumpulan gejala yang timbul akibat gangguan sistem pencernaan, seperti perut kembung, nyeri pada ulu hati, dan lain sebagainya. Dengan meminum jahe dapat mempercepat proses pengosongan perut, bisa meredakan gejala perut kembung, begah karena asam lambung, hingga bisa memperbaiki proses pencernaan yang tidak lancar. 

2. Meredakan Nyeri Haid 

Perempuan wajib tau hal ini, karena jahe merupakan salah satu yang bisa meredakan nyeri haid secara herbal. Dikutip dari siloamhospitals.com, khasiat dari jahe ini dapat meredakan rasa nyeri dan kram perut yang dialami perempuan saat sedang haid. Berdasarkan jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies, jahe dapat menghambat jalur lipooksigenase dan siklooksigenase pada sintesis prostaglandin dan leukotrien yang berfungsi untuk merangsang kontraksi otot rahim.

BACA JUGA:Ternyata Minuman Jahe Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

3. Menjaga Berat Badan

Siapa yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal? Pastinya hampir semua orang menginginkan tubuh dengan berat badan yang ideal ya. Nah salah satu caranya yaitu dengan jahe. Jahe mengandung gingerol yang dapat mempercepat proses pemecahan dan pembakaran lemak, menghambat penyerapan lemak berlebih, dan mengendalikan nafsu makan sehingga berat badan menjadi lebih terjaga.

4. Mengobati Flu

Jika ingin mengobati flu secara tradisional, maka pilihlah jahe. Karena jahe dikenal sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sakit flu. Hal ini dikarenakan jahe mempunyai sifat antivirus dan antibakteri. Jadi bila meminum jahe akan berkhasiat untuk mengobati infeksi, misalnya saat sakit flu.

BACA JUGA:Sedang Diet? Berikut Olahan Kentang Yang Baik Untuk Mengurangi Berat Badan

5. Mengurangi Alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: