Ketahui Manfaat Yang Terkandung Dari Kapulaga Yang Sangat Berguna Untuk Tubuh

Ketahui Manfaat Yang Terkandung Dari Kapulaga Yang Sangat Berguna Untuk Tubuh

Manfaat kapulaga yang tersembunyi namun bagus untuk kesehatan -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kapulaga adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari India. Meski begitu, tanaman ini juga dapat ditemukan di hampir seluruh negara, termasuk Indonesia. rempah yang memiliki nama latin Elettaria cardamomum ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis. Hal ini menjadikan Kapulaga sering digunakan sebagai penguat rasa dan aroma pada masakan. Kapulaga tidak hanya tersedia dalam bentuk biji-bijian, melainkan juga dalam bentuk bubuk, minyak esensial, bahkan suplemen herbal. Berikut ini adalah beberapa manfaat Kapulaga bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Kapulaga mengandung sejumlah nutrisi yang bisa menjaga daya tahan tubuh, seperti protein, vitamin C, magnesium, dan zinc. Dengan mengonsumsi kapulaga, Anda tidak akan mudah sakit.

BACA JUGA:Buah Kiwi Menyimpan Banyak Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

2. Mengontrol tekanan darah

Manfaat kapulaga yang pertama adalah menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan dan kaliumnya yang melimpah. Berdasarkan penelitian, kapulaga memiliki efek diuretik yang mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

3. Mengobati infeksi bakteri

Manfaat kapulaga selanjutnya adalah mengobati infeksi bakteri. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak esensial dan ekstrak kapulaga mengandung senyawa yang mampu melawan beberapa jenis bakteri, seperti E. coli, Staphylococcus, Salmonella, dan Campylobacter.

BACA JUGA:Sinopsis Sinetron Terbaru Berjudul Saleha, di Sctv Favorit Kamu

4. Mencegah penyakit kronis

Selain menjaga tekanan darah tetap normal, kandungan antioksidan dalam kapulaga juga bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tak hanya itu, kapulaga juga memiliki senyawa antiinflamasi yang mampu melawan peradangan. Kedua kandungan ini bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis bila dikonsumsi secara teratur.

BACA JUGA:Intip Keunggulan Wuling Binguo, Mobil Listrik Keren Banyak Kelebihannya

5. Mengatasi masalah pencernaan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kapulaga yang dicampur dengan bahan herbal lainnya diduga dapat mengatasi masalah pencernaan, mulai dari dispepsia, mual dan muntah, hingga tukak lambung. Itulah beragam manfaat dari kapulaga yang bagus untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: