Ternyata Sereh Memiliki Kaya Akan Manfaat Yang Menyehatkan Tubuh Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Ternyata Sereh Memiliki Kaya Akan Manfaat Yang Menyehatkan Tubuh Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

Manfaat sereh yang menyehatkan tubuh -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Sereh atau serai merupakan salah satu rempah yang menyerupai rumput tinggi dengan daun dan batang yang memiliki aroma khas. Hal ini yang menjadikan Sereh sering ditambahkan ke masakan, bahkan dijadikan teh herbal. Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat Sereh dengan mengonsumsi rempah ini atau menggunakan minyak esensial yang berasal dari ekstrak Sereh. Mengonsumsi atau menggunakan Sereh juga dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Mengatasi infeksi jamur

Sereh juga bersifat antijamur. Hal ini membuat sereh efektif dalam mencegah dan melawan jamur, termasuk jamur penyebab infeksi kulit seperti kurap dan kutu air. Untuk mendapat manfaat sereh ini, Anda cukup mengoleskan minyak esensial sereh pada area kulit yang terinfeksi.

BACA JUGA:Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Penyakit Demam Berdarah, No 2 Jarang Diketahui Orang

2. Mencegah gigi berlubang

Selain minyak cengkeh, Anda juga bisa memetik manfaat sereh dalam mencegah infeksi mulut dan gigi berlubang. Sifat antimikroba pada sereh efektif dalam melawan bakteri Streptococcus mutans penyebab kerusakan gigi.

3. Meredakan sakit kepala dan migrain

Jika Anda sering mengalami sakit kepala maupun migrain, tidak ada salahnya menggunakan minyak sereh saat gejala kondisi tersebut menyerang. Manfaat serai ini diperoleh dari kandungan senyawa eugenol di dalamnya yang memiliki efek serupa dengan aspirin.

BACA JUGA:Air Rebusan Daun Cabai Memiliki Banyak Manfaat?! Berikut Deretan Manfaatnya Bagi Tubuh

4. Meredakan diare

Manfaat sereh ini diperoleh berkat sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri Escherichia coli. Bakteri tersebut merupakan salah satu bakteri yang paling sering menyebabkan diare. Selain itu, sereh juga akan memperlambat pergerakan usus, sehingga menurunkan frekuensi buang air besar berlebih saat diare.

BACA JUGA:Ingin Mencerahkan Kulit? Berikut Buah Buahan Yang Dapat Mencerahkan Kulit Dari Dalam

5. Mengatasi tukak lambung

Selain mengatasi diare, sereh juga berhasiat untuk meredakan gangguan pencernaan lain, seperti sakit perut, kram perut, hingga tukak lambung. Minyak esensial serai dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat konsumsi aspirin. Mengonsumsi aspirin diketahui merupakan penyebab tersering terjadinya tukak lambung. Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam sereh atau serai bagus untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: