5 Manfaat Yang Terkandung Dalam Pisang Kepok Menyehatkan Bagi Tubuh

5 Manfaat Yang Terkandung Dalam Pisang Kepok Menyehatkan Bagi Tubuh

Manfaat pisang kepok bagi tubuh -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang mudah ditemukan di Indonesia. Bagian kulitnya memiliki tekstur yang cukup tebal, sedangkan dagingnya lebih padat dan tidak semanis pisang pada umumnya. Oleh karena itu, Pisang kepok lebih sering diolah menjadi beragam camilan, seperti pisang rebus, kolak pisang, pisang goreng, dan keripik pisang. Selain itu, Pisang kepok juga mengandung vitamin B6, zinc, folat, fosfor, serta beragam antioksidan, seperti lutein, flavonoid, saponin, dan beta karoten. Karena kandungan nutrisinya yang beragam, ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari Pisang kepok, di antaranya:

1. Mencegah anemia

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga oksigen tidak dapat diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Anemia sering kali tidak bergejala. Namun, jika tidak diobati, penyakit ini lama-kelamaan bisa menimbulkan gejala berupa mudah lelah, lemas, hingga sulit konsentrasi. Untuk mencegah anemia, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi dan folat, termasuk pisang kepok.

BACA JUGA:Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Penyakit Demam Berdarah, No 2 Jarang Diketahui Orang

2. Melancarkan saluran pencernaan

Pisang kepok dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan serat. Berkat kandungan ini, pisang kepok baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Kandungan serat dalam pisang kepok juga memiliki sifat prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

3. Menangkal efek radikal bebas

Pisang kepok merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu beragam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif. Kandungan antioksidan dalam pisang kepok juga bermanfaat untuk meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan sel tumor atau kanker.

BACA JUGA:Ingin Mencerahkan Kulit? Berikut Buah Buahan Yang Dapat Mencerahkan Kulit Dari Dalam

4. Menjaga kesehatan jantung

Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat dalam pisang kepok juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sementara itu, kandungan kalium di dalam pisang kepok juga mampu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat ini menjadikan pisang kapok baik dikonsumsi untuk mencegah hipertensi dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Cocok Untuk Menurunkan Panas, Ini 7 Rekomendasi Buah-buahan Untuk Yang Mengalami Demam Berdarah

5. Mengontrol gula darah

Tak hanya tinggi serat, pisang kepok juga kaya akan mineral dan antioksidan. Kandungan tersebut diketahui bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan membuat hormon insulin bekerja dengan lebih efektif. Dengan demikian, risiko penyakit diabetes pun akan menurun. Itulah deretan manfaat yang terkandung dalam pisang kepok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: