5 Aneka Kolak Alternatif Selain Kolak Pisang, Dijamin Bikin Lidah Kamu Bergoyang

5 Aneka Kolak Alternatif Selain Kolak Pisang, Dijamin Bikin Lidah Kamu Bergoyang

Kolak ubi ungu yang bisa jadi kolak alternatif, selain kolak pisang.-Snapseed edit foto pribadi-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Aneka macam kolak, yang dapat menjadi alternatif selain kolak pisang, lalu ada apa saja ya kira-kira jenis kolak alternatif tersebut, selain dari kolak pisang saja?

Hidangan kolak umumnya selalu hadir menghiasi meja makan, di kala bulan puasa ramadhan. Karena kolak dapat menjadi pesona takjil tersendiri, berkat rasa manis khasnya, yang cocok untuk dijadikan sebagai menu takjil untuk berbuka puasa.

Kolak, biasanya identik bersanding bersama pisang, sehingga disebut sebagai kolak pisang, dan kolak pisang pun sudah menjadi hal lumrah di kala bulan puasa tiba, banyak pedagang yang menjajakkannya. Namun, nyatanya selain kolak pisang, kolak yang memiliki bahan dasar selain pisang pun banyak modelnya dan banyak macamnya, bisa juga untuk alternatif.

Lantas, kira-kira untuk jenis kolak alternatif, selain kolak pisang, ada aneka kolak apa saja ya jenisnya? Banyak jenisnya, tentu pula akan dibahas pada ulasan artikel kali ini, mengenai alternatif kolak, selain kolak pisang dengan 5 rekomendasi, dijamin lidahmu bergoyang, yuk simak selengkapnya disini.

BACA JUGA:KUY MAMPIR! Ke 5 Lokasi Street Food di Cirebon, Kuliner Malam dengan Citarasa Beraneka Ragam

1. Kolak biji salak

Kolak dengan nama unik ini, sebenarnya bahan dasar nya bukan salak. Melainkan biji salak hanyalah kata kiasan semata, karena bentuk kolak ini memiliki bentuk serupa biji salak, dari aneka olahan tepung, yang dibentuk bundar menyerupai biji salak. Bahan dasar dari kolak biji salak yaitu, tepung sagu dan ubi yang dicampur, dan disiram dengan kuah campuran santan dan gula aren yang manis dan legit sekali, dan cocok untuk menggoyang lidah kamu.

2. Kolak kolang kaling

Kolak kolang kaling, salah satu hidangan khas yang selalu menjamur di tiap penjual aneka makanan takjil ketila bulan puasa tiba. Kolak kolang kaling ini juga sudah akrab sekali di telinga masyarakat, selain kolak pisang dan bisa juga untuk alternatif selain kolak pisang. Kolak kolang kaling, memiliki bahan dasar kolang kaling, yang berpadu dengan gula aren sebagai kuahnya, dengan rasa manis dan kenyal dari kolang kaling, yang dapat membuat lidahmu bergoyang karenanya.

BACA JUGA:3 Aneka Street Food di Jl Lawanggada Cirebon, Salah Satunya Minuman Susu Murni Legendaris Sejak Tahun 60 an

3. Kolak Singkong Nangka

Kolak yang satu ini, sudah pasti bukan berbahan dasar pisang, karena namanya saja merupakan kolak singkong nangka. Rasa manis dan aroma khas nangka, dapat menyatu dengan gurihnya singkong, serta kuah kolak yang menyertainya. Bahan dasar kolak ini yaitu merupakan campuran antara singkong dan nangka. Dengan rasa manis dan aroma wangi ini, pastinya bakal menggoyang lidah kamu.

4. Kolak Sagu Mutiara

Kolak yang satu ini, identik dengan warna pink serta bola-bola nya yang memiliki warna unik, serta mencolok dan menjadi daya tarik tersendiri. Kolak ini bisa dicampur dengan pisang, namun jika tidak dicampur dengan pisang, juga tidak apa-apa. Kolak ini memiliki bahan dasar olaham tepung beras dan tepung sagu, yang dibentuk dengan bola-bola kecil menyerupai mutiara yang cantik. Yang pastinya dapat menggoyang lidah kamu ketika memakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: