Ternyata tanaman indigofera memiliki banyak manfaat loh! Berikut penjelasannya

Ternyata tanaman indigofera memiliki banyak manfaat loh! Berikut penjelasannya

Manfaat dan kegunaan tanaman indigofera-Detik.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Indigofera merupakan tanaman yang masuk famili kacang polong atau Fabaceae. Sebagian besar spesies tanaman ini adalah semak belukar dan tumbuh merambat, walaupun beberapa pohonnya kecil dan tanaman keras. Daunnya sebagian besar berbentuk menyirip. Bunga-bunganya tumbuh berwarna merah, kuning, nila dan putih. Buahnya polong dengan berbagai ukuran dan bentuk.

Tanaman Indigofera ini memiliki sekitar 750 jenis.  Tapi jenis yang paling mudah ditemui adalah Indigofera spicata, Indigofera stragalina, Indigofera tinctoria, Indigofera natalensis, Indigofera arrecta, Indigofera zollingeriana dan Indigofera australis.

BACA JUGA:Apa yang Dimaksud April Mop? Begini Penjelasannya!

Persebaran tanaman Indigofera di seluruh wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Namun, sebagian besarnya tumbuh di Amerika, Afrika, dan Asia. Salah satunya Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Berikut beberapa manfaat tanaman indigofera yang bisa didapatkan:

1. Media konservasi tanah

Tanaman ini lebih sering dimanfaatkan untuk media konservasi tanah agar tanah tersebut terjaga kesuburannya dan tercegah dari erosi.

2. Pakan ternak

Daun Indigofera mengandung nutrisi berupa fosfor, kalsium, dan nitrogen yang diperlukan untuk tumbuh kembang bagi hewan ternak seperti kambing, domba, dan sapi.

BACA JUGA:10 Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh, Mampu Turunkan Berat Badan

3. Obat-obatan

Tanaman Indigofera juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami, contohnya:

Sakit gigi.

Mengurangi bengkak.

Penyakit tukak lambung .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: