Anda susah tidur? Coba konsumsi daun pegagan yang kaya akan manfaat ini

Anda susah tidur? Coba konsumsi daun pegagan yang kaya akan manfaat ini

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan -UMSU-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Daun pegagan merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Meski lebih dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit, Daun pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan beberapa jenis antioksidan dalam Daun pegagan, seperti flavonoid, tanin, dan polifenol. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Daun pegagan yang penting untuk diketahui:

1. Mengurangi kecemasan

Suplemen yang mengandung daun pegagan juga bermanfaat untuk mengurangi kecemasan. Hal ini diduga berkat salah satu senyawa dalam daun pegagan yang mampu memberikan efek antidepresan.

BACA JUGA:Olahraga yang Aman dan Nyaman Dilakukan Saat Berpuasa: Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Ramadan

2. Melancarkan peredaran darah

Suplemen herbal yang mengandung ekstrak daun pegagan diketahui dapat melancarkan aliran darah. Daun pegagan efektif untuk mencegah dan mengatasi pembekuan darah serta mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah atau aterosklerosis.

3. Mengatasi insomnia

Sulit tidur atau insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gaya hidup tidak sehat, rasa cemas, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Jika dibiarkan tanpa penanganan, insomnia bisa menyebabkan penderitanya stres. Untuk mengatasi gangguan tidur tersebut, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun pegagan.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Secara Alami

4. Menjaga fungsi otak

Daun pegagan mengandung antioksidan dan bersifat antiradang, sehingga baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk otak. 

5. Meredakan nyeri sendi

Daun pegagan telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi peradangan dan nyeri sendi. Kandungan zat yang bersifat antiradang pada daun pegagan dapat meredakan keluhan nyeri sendi pada penderita radang sendi atau osteoarthritis.

BACA JUGA:Daun sirih bisa membersihkan area kewanitaan loh! Yuk simak penjelasan manfaat daun sirih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: