Daun sirih bisa membersihkan area kewanitaan loh! Yuk simak penjelasan manfaat daun sirih

Daun sirih bisa membersihkan area kewanitaan loh! Yuk simak penjelasan manfaat daun sirih

Manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Daun sirih adalah tanaman herbal yang tumbuh merambat di pohon atau dinding. Daun ini sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Karena pertumbuhannya merambat, banyak juga yang menjadikan Daun sirih sebagai tanaman hias karena elok dipandang.

Manfaat daun sirih tentunya tidak lepas dari kandungan nutrisi yang melimpah. Daunnya memang kecil, tetapi di dalamnya terkandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, iodin, sodium, dan minyak atsiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih yang mungkin bisa anda peroleh jika digunakan secara rutin:

1. Mengurangi rasa gatal

Alergi, gigitan nyamuk, maupun infeksi jamur, seperti panu dan kutu air, bisa menyebabkan gatal. Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa gatal tersebut, sebab mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Alpukat untuk Wajah bersih Alami

2. Membersihkan area kewanitaan 

Daun sirih banyak digunakan dalam produk pembersih kewanitaan. Sifat antiseptik dan antijamur yang dimiliki daun sirih bisa membasmi bakteri dan jamur penyebab keputihan. Daun sirih juga diketahui efektif mampu membasmi Candida albicans atau jamur yang menyebabkan infeksi jamur vagina.

3. Mengobati batuk

Air rebusan daun sirih telah lama digunakan sebagai obat batuk alami, karena memiliki efek antibakteri dan antioksidan di dalam daun sirih yang dapat mengatasi peradangan penyebab batuk. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih, tenggorokan akan lebih lega dan batuk pun berkurang.

BACA JUGA:3 Cara Agar Wajah Tidak Kusam Dengan Tepat!

4. Menghilangkan bau mulut

Manfaat daun sirih untuk mengurangi bau mulut juga sudah lama dikenal oleh masyarakat. Semua ini berkat sifat antiseptik pada daun sirih yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Maka tak heran kan, jika banyak orang tua yang suka mengunyah daun sirih.

BACA JUGA:Apa itu buah alkesa? Ini dia penjelasan dan manfaat buah ini

5. Mengatasi infeksi jamur di mulut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: