Petani di Kelurahan Majalengka Kulon Mulai Tanam Padi

Petani di Kelurahan Majalengka Kulon Mulai Tanam Padi

NYAWAH: Petani di Kelurahan Majalengka Kulon Kecamatan Majalengka kembali mulai mengolah sawah.-Almuaras-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Para petani di Kelurahan Majalengka Kulon Kecamatan Majalengka  kembali mulai menanam padi di sawah.

Penuturan seorang warga Kelurahan Majalengka Kulon, Juju (55), bersama suaminya mengelola sawah milik tetangganya untuk ditanami dan diurus hingga panen.

“Insya Allah dalam waktu 3 bulan sudah bisa panen, saya tidak perlu menyiapkan benih dan pupuk karena yang membiayai pemilik lahan. Nanti pas panen saja saya kebagian satu piring berbanding 6 piring atau 6 bagian alias 1 berbanding 6.

“Kami hanya menanam dan merawatnya hingga panen nanti dan bagiannya 6 berbanding 1,” tandasnya.

BACA JUGA:Dorong Kesadaran Pajak, Bapenda Gelar Anugerah Pajak

BACA JUGA:Perpisahan, Bupati Majalengka Pamit kepada Wartawan

Berbeda dengan Budiman (57) warga RW 04 Kelurahan Majalengka Kulon. Ia juga mengolah sawah milik tetangganya tapi ikut membantu membiayai untuk membeli pupuk. “Saat panen nanti setelah dikurangi bagian untuk memanen hasilnya diibagi dua atau 50-50,” ujarnya.

Menurut Budiman dengan harga pupuk yang terus meningkat dan biaya pengolahan yang semakin tinggi, sesungguhnya menanam padi itu tidak menguntungkan.

“Kalau dihitung pendapatan dan pengeluaran untuk biaya mengolah sawah sangat minim sekali hasilnya, tapi mengolah sawah tetangga ini lumayan saja daripada  menganggur,” pungkasnya. (ara)

BACA JUGA:Murah dan Mudah Didapat, Penyebab Banyak Rokok Ilegal di Majalengka

BACA JUGA:Seri Penutup bLU cRU Yamaha Sunday Race di Mandalika, Nantikan Persaingan Seru Pembalap Terbaik Nasional

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: