Tips Mengobati Rambut Beruban Sampai Akar

Tips Mengobati Rambut Beruban Sampai Akar

ilustrasi rambut ubanan tidak boleh di cabut!-shutterstock/Andrey_Popov-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Rambut beruban merupakan salah satu tanda penuaan alami yang bisa dialami siapa saja. Namun, orang yang berusia di bawah 30 tahun juga bisa mengalami uban karena berbagai faktor, termasuk stres. 

Menurut Healthline, penyebab uban adalah berkurangnya produksi melanin, pigmen atau pewarna alami pada rambut. Produksi melanin secara alami  menurun seiring bertambahnya usia, sehingga Anda lebih mungkin mengalami uban setelah usia 30 tahun. Orang yang berusia di bawah 30 tahun juga bisa mengalami uban di usia muda, karena kondisi kesehatan tertentu dan faktor genetik atau keturunan. 

Jika uban disebabkan oleh faktor genetik, tidak ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengembalikan warna alami rambut kecuali dengan mewarnainya. Sedangkan jika penyebab penuaan di usia muda adalah kekurangan gizi, maka mengonsumsi makanan atau suplemen tertentu dapat mengembalikan warna alami rambut. 

Ternyata uban yang tumbuh tidak boleh dihilangkan dengan hati-hati karena akan menyebabkan kebotakan. Simak di bawah ini cara menghilangkan uban hingga ke akar-akarnya agar tidak perlu mencabutnya lagi. Dari Medical News Today dan Healthline, ada beberapa cara menghilangkan uban yang bisa Anda coba, seperti: 

BACA JUGA:Cara Mudah Menghilangkan Uban Hingga Akar Rambut dengan Bahan Alami

BACA JUGA:Leetex Garment Indonesia Gelar Turnamen Bola Voli dan Sepak Bola Tingkatkan Soliditas Pekerja

  • Konsumsi vitamin yang bermanfaat  menjaga kesehatan rambut, seperti vitamin B-12, D, A dan E.
  • Makan makanan yang kaya mineral, termasuk zinc, besi, magnesium, selenium dan tembaga atau kuningan.
  • Hindari perawatan yang merusak rambut, seperti bleaching untuk menghilangkan pigmen rambut, penyikatan basah, atau hindari penggunaan pengering rambut pada suhu yang terlalu tinggi.
  • Berhenti merokok.
  • Lindungi rambut  dari paparan sinar UV, misalnya dengan memakai topi atau mengoleskan tabir surya khusus pada rambut.
  • Gunakan bahan alami yang dapat memperlambat munculnya uban dengan cara mengoleskan langsung pada rambut seperti minyak kelapa, jahe dan bawang merah. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan atau mempertahankan warna alami rambut Anda. Namun, mencoba beberapa cara ini tidak menjamin warna rambut Anda akan kembali seperti semula, apalagi jika penyebabnya adalah genetik. 

BACA JUGA:Pontren Al Harish Gelar Maulid dan Tasyakuran

BACA JUGA:Cekdam Mulai Menyusut, Petani Panik Karena Pasokan Air Berkurang

Anda juga tidak boleh mencabut uban karena  dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan infeksi. Folikel rambut yang rusak dan terinfeksi menyebabkan uban terasa gatal dan menimbulkan iritasi serta bisul jika digaruk. Jerawat yang muncul nantinya akan menyebabkan kebotakan pada area yang gatal atau menyebabkan rambut menipis. 

Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengetahui akar masalah uban Anda dan memberikan solusinya. Namun jika uban  muncul akibat  penyakit tertentu yang Anda derita, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa ditangani dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: