Berikut Cara Tepat Menyimpan Minyak Zaitun Agar Tidak Tengik

Berikut Cara Tepat Menyimpan Minyak Zaitun Agar Tidak Tengik

Berikut Cara Tepat Menyimpan Minyak Zaitun Agar Tidak Tengik-id.berita.yahoo.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM- Minyak zaitun sebagai minyak yang kaya akan manfaat memiliki beberapa cara dalam penyimpanannya.

Namun ternyata manfaat tersebut bisa berkurang  bahkan hilang jika kita salah menyimpannya. 

Menyimpan minyak zaitun memang terbilang gampang - gampang sulit. Hal ini dikarenakan minyak zaitun tidak tahan pada suhu  panas dan  sinar matahari langsung. Dengan demikian, minyak zaitun  lebih cepat tengik.

Minyak zaitun yang disimpan dengan waktu yang lama juga akan mengurangi kandungan di dalamnya. Apalagi ditambah dengan cara penyimpanannya yang salah.

BACA JUGA:6 Jenis Minyak Zaitun yang Beredar di Pasaran

Umumnya minyak zaitun dijual dalam botol plastik atau kaca. Botol yang tertutup rapat dapat mencegah masuknya udara ke dalam minyak zaitun. 

Minyak zaitun dalam botol terbuka memberikan ruang bagi udara luar untuk masuk ke dalam botol sehingga memicu terjadinya proses degradasi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan minyak zaitun hanya selama 1-2 bulan saja setelah dibuka. Hal ini untuk menghindari tengik.

Banyak dari kita hanya menyimpan minyak zaitun di dalam botolnya. Padahal ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas minyak zaitun tersebut.

Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan minyak zaitun diantaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:Kenali Perbedaan Minyak Zaitun untuk Memasak dan Kecantikan

1. Simpan di tempat dengan suhu sejuk

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan minyak zaitun di tempat sejuk, terlindung dari sinar matahari. Anda bisa menaruhnya di lemari es atau pantry di bagian paling dalam. 

 Jangan khawatir jika menemukan minyak zaitun beku di lemari es. Hal ini tidak akan mengubah kualitas dari minyak zaitun ini sendiri.

2. Simpan dalam jangka waktu tertentu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: