6 Jenis Minyak Zaitun yang Beredar di Pasaran

6 Jenis Minyak Zaitun yang Beredar di Pasaran

6 Jenis Minyak Zaitu yang Beredar Di Pasaran-RalaliNews-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM- Minyak zaitun sebagai minyak yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang luar biasa memiliki beberapa macam yang biasa di jual di pasaran.

Minyak zaitun sendiri terbuat dari ekstrak buah zaitun yang didapatkan dengan teknik “Pressed” atau bisa dengan teknik sentrifugasi yang lebih modern.

Meskipun sudah populer di kalangan masyarat, tetapi mungkin masih saja ada yang belum mengetahui jenis minyak zaitun yang biasa beredar di pasaran.

Memilih minyak zaitun yang akan digunakan tentu sangat penting. Ada dua macam minyak zaitun yang biasa digunakan yaitu minyak zaitun murni dan olahan.

BACA JUGA:Tips Memakai Gamis Supaya Tidak Terlihat Gemuk dan Tetap Fashionable

Jenis minyak zaitun ini tentu memiliki kualitas yang berbeda – beda serta manfaat dan keunggulan tersendiri dari setiap jenisnya.

Minyak zaitun terbagi ke dalam beberapa jenis yang diklasifikasikan berdasarkan pada proses pembuatannya. Yuk kenali jenis – jenis minyak zaitun yang ada di pasaran!

1. Extra Virgin Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini merupakan minyak zaitun paling murni. Minyak zaitun extra virgin diperoleh dari proses ekstraksi pertama kali dengan tidak menggunakan teknik yang melibatkan bahan kimia.

Minyak ini memiliki tingkat asam lemak bebas yang sangat rendah serta rasa dan aroma paling kaya. Biasanya minyak zaitun extra virgin berwarna hijau keemasan atau hijau cerah.

BACA JUGA:Balita di Tarikolot Rutin Diberi Vitamin

Biasanya semakin pekat warna minyak zaitun, berarti  semakin kuat cita rasa zaitunnya. Ini menandakan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan vitamin dan mineral alami.

Harganya pun dibandrol lebih tinggi dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya.

2. Virgin Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini diperoleh melalui ektraksi pertama kali namun dengan sedikit pemanasan yang terkontrol.

Virgin olive oil biasanya digunakan untuk dressing salad dan semua jenis makanan yang menggunakan api kecil. Jenis ini juga umum digunakan untuk perawatan tubuh.

BACA JUGA:3 Solusi Gagal Bayar Pinjol Ilegal

Harga minyak zaitun ini lebih murah dibandingkan dengan minyak zaitun extra virgin.

3. Refined Olive Oil

Jenis minyak zaitun yang lebih mudah ditemukan, lebih murah, serta lebih rendah pula manfaat kesehatannya.

Minyak zaitun jenis ini banyak digunakan untuk masakan karena smoking pointnya lebih tinggi dari pada 2 minyak zaitun sebelumnya.

4. Pure Olive Oil

Pure olive oil ini jenis minyak zaitun yang merupakan campuran antara extra virgin olive oil dengan refined olive oil. Kandungan nutrisinya di bawah virgin olive oil. Biasanya digunakan untuk kulit dan rambut.

BACA JUGA:Restrukturisasi, Solusi Gagal Bayar Pinjol

Minyak zaitun jenis ini juga bisa jadi rekomendasi bagi anda yang tidak terbiasa mencium aroma minyak zaitun yang tajam dan kuat.

5. Olive Pomace Oil

Minyak zaitun jenis ini merupakan minyak zaitun yang dibuat dari residu buah yang telah diekstrak untuk pembuatan jenis minyak zaitun lainnya.

Sehingga harganya pun paling murah dan biasanya banyak digunakan untuk mempoles futniture dan untuk memasak masakan dengan suhu tinggi.

6. Light Olive Oil

Light olive oil ini minyak zaitun dengan rendah kalori dan nutrisi dibandingkan dengan jenis minyak zaitun lainnya. Rasa minyaknya lebih ringan dan netral.

BACA JUGA:Apakah Pinjaman Online Bisa Direstrukturisasi? Ini Pembahasannya

Biasanya minyak ini digunakan untuk menggoreng, menumis, dan memasak karena memiliki rasa netral dan titik asap yang cukup tinggi.

Itulah beberapa jenis minyak zaitun yang biasa populer di pasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: