Situasi Panas, 28 Pesawat Tempur China di Sekitar Selat Taiwan

Situasi Panas, 28 Pesawat Tempur China di Sekitar Selat Taiwan

Ilustrasi --

RADARMAJALENGKA.COM-Situasi Selat Taiwan makin panas. China dilaporkan menerbangkan 28 pesawat tempur di sekitar Taiwan pada Minggu (17/9/2023).

 

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan 20 pesawat yang terdeteksi sejak Minggu pagi melintasi garis median jalur air yang memisahkan Taiwan dan daratan China.

Jet-jet itu kemudian memasuki zona identifikasi pertahanan udara di bagian tenggara dan barat daya Taipe.

"China sedang melakukan misi seperti latihan dan pelatihan jarak jauh", kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan,dikutip AFP, Senin.

"Memantau situasi dengan pesawat dan kapal patroli," tambah kementerian.

Sebenarnya, Taiwan melaporkan peningkatan jumlah "serangan" pesawat tempur dan kapal China sejak pekan lalu. Ini setelah Beijing mengatakan pasukannya dalam "siaga tinggi" menyusul dua kapal milik Amerika Serikat (AS) dan Kanada yang transit melalui Selat Taiwan bulan ini.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan 68 pesawat China dan 10 kapal angkatan laut terdeteksi di sekitar pulau antara Rabu pagi dan Kamis pagi pekan lalu.

Beberapa dari pesawat dan kapal perang tersebut sedang menuju ke wilayah yang tidak ditentukan di Pasifik Barat untuk melakukan pelatihan laut dan udara bersama dengan kapal induk Shandong.

Shandong sendiri adalah salah satu dari dua kapal induk yang dimiliki China. Ini terdeteksi sejak Senin pekan lalu, sekitar 110 km tenggara Taiwan menuju Pasifik Barat.

Namun hingga update terbaru diberikan, China belum memberikan komentar resmi mengenai latihan apa pun yang dilakukan di Pasifik Barat.

Pada bulan April, Beijing melakukan latihan militer untuk mensimulasikan pengepungan Taiwan setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: