Soal Embarkasi, Kata Sutrisno Kementerian Agama (Kemenag) Saat Itu Telah Memiliki Lahan

Soal Embarkasi, Kata Sutrisno Kementerian Agama (Kemenag) Saat Itu Telah Memiliki Lahan

Sutrisno memberikan tanggapan soal pembangunan embarkasi di Kabupaten Indramayu.-Baehaqi-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Mantan Bupati Majalengka Sutrisno yang saat ini anggota DPR RI berkomentar soal asrama haji yang saat ini berlokasi di Kabupaten Indramayu.

Padahal terbangnya dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Ditemui di salah satu kafe di wilayah Majalengka Kota, mantan Bupati dua periode itu mengatakan, ada perjalanan panjang sehingga kenapa asrama hajinya kini berada di kabupaten tetangga.

Salah satu faktornya, menurut Sutrisno karena Kementerian Agama (Kemenag) saat itu telah memiliki lahan yang berada di Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Ngeri, Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk di Arjawinangun

BACA JUGA:Diduga Sopir Ngantuk, Mobil Truk Terguling di Bundaran Kedawung Cirebon

"Kenapa embarkasi haji dibangun di Indramayu, karena Kementerian Agama sudah punya lahan, yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu," ujar Sutrisno.

Lahan tersebut sejatinya, awalnya akan dibangun sekolah Madrasah Aliyah IT, namun tidak jadi. Sehingga untuk memanfaatkan lahan, dibangun lah asrama haji.

"Jadi bukan kecerdasan sana (Indramayu), memang lahannya sudah ada," ucapnya.

Di samping itu, kata Bupati periode 2008-2018 itu, bahwa sejatinya pemerintah daerah saat itu sudah menyodorkan lahan di wilayah Kelurahan Cikasarung, Kecamatan Majalengka.

BACA JUGA:Ketua dan Pengurus KNPI Baru Dilantik Periode 2023-2026

BACA JUGA:Nasdem Majalengka Usulkan PAW

Arus transportasinya baik dan tidak akan menyumbat lalu lintas lainnya menjadi pertimbangan saat itu.

"Kami punya lahan, di Cikasarung, Arus transportasinya bagus, tidak akan menyumbat.  Kalau ke Timur, lewat Jatiwangi, ke Barat lewat Kadipaten, ke tengah lewat Kasokandel. Tapi terlanjur sudah ada lahan," jelasnya.

Sutrisno menambahkan, bahwa sebelum ditentukannya lokasi asrama haji di Indramayu, pihaknya saat itu terus berkoordinasi secara intens dengan pemerintah pusat.

Kala itu yang diingatnya, jajaran pemerintah daerah mengikuti berbagai pertemuan rapat, yang salah satunya dipimpin oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Panjaitan.

BACA JUGA:Ditutup atau Dibongkar, Dua Perusahaan Tidak Kantongi Izin Nekat Lakukan Pembangunan

BACA JUGA:GEGER! Pesawat Asing Parkir di Bandara Kertajati Selama 1 Tahun, Begini Penjelasan dari PT BIJB

Dari sana lah Anggota DPR RI ini mulai mengetahui, asrama haji akan dibangun di Indramayu dan ia pun sempat menolaknya.

"Jadi kebijakan membangun embarkasi ini, ada di Kementerian Agama dan bicara urusan BIJB itu, semuanya, jajaran pemerintahan kabupaten Majalengka yang memang punya keterkaitan, termasuk Wakil Bupati. Yang memimpin rapatnya kan Menteri Koordinator Maritim dan investasi, pak Luhut Pandjaitan."

"Dilaporkan lah sama Dirjen urusan haji, mau dibangun di Indramayu. Bahkan saya keberatan, Bandaranya ada di Majalengka, kenapa embarkasinya ada di Indramayu."

"Makanya saya mengomentari, kalau itu dilakukan akan menyumbat arus transportasi dari dan ke Bandara. Kaya setrika-an saya bilang, ke sana dulu, balik lagi."

"Padahal kan ini akan difungsikan sebagai bandara haji dan umrah, peruntukannya itu adalah untuk masyarakat Jawa Barat bagian Selatan dan masyarakat Jawa Tengah bagian Barat," katanya.

BACA JUGA:Diduga Korban Tabrak Lari di Jalur Pantura Sukra, Pemotor Meninggal

Seperti diketahui, para calon jemaah haji asal Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) ditambah Sumedang dan Subang dipastikan berangkat dari Bandara Kertajati Majalengka pada tahun 2023 ini.

Sebelum diterbangkan, para calon jemaah haji itu berangkat dari asrama haji di Kabupaten Indramayu.

Ya, Kementerian Agama telah menunjuk asrama haji di Indramayu sebagai embarkasi haji bagi calon jemaah haji yang berangkat pada tahun ini. (Bae).

BACA JUGA:Peringati Lahirnya Pancasila, Jokowi Pimpin Upacara Kenakan Busana Adat Kesultanan Deli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: