15 HARI LAGI Tol Cisumdawu Tersambung Bandung - Kertajati, Begini Penampakannya

15 HARI LAGI Tol Cisumdawu Tersambung Bandung - Kertajati, Begini Penampakannya

Target Tol Cisumdawu yang 15 hari lagi selesai dikerjakan dan tersambung Bandung - Kertajati.-Dirjen Bina Marga-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Target Tol Cisumdawu beroperasi penuh dari Bandung - Kertajati menyisakan waktu 15 hari lagi.

Target penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan itu, mengacu pada pernyataan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR berharap Jalan Tol Cisumdawu sudah beroperasi penuh pada akhir Mei atau selambat-lambatnya di awal Juni nanti.

Sehingga keberadaan tol sepanjang hampir 62 kilometer tersebut dapat menunjang aktivitas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Ketika Para Cyclist Cirebon 'Manasik' Keliling Gunung Ciremai, Naik Hajinya di Bromo KOM 2023

"Kita harapkan akhir Mei sudah beroperasi atau selambat-lambatnya awal Juni," kata Menteri PUPR, ketika meninjau progres pekerjaan beberapa waktu lalu.

Target tersebut memang optimis dapat tercapai, karena pembangunan ruas tol relatif sesuai dengan rencana sejauh ini.

Meski di beberapa lokasi terkendala dengan pergerakan tanah, namun sudah dapat ditangani dengan penggunaan material ringan sebagai insulasi atau pengganti urugan tanah.

Misalnya pada Seksi 5B di STA 52+000 yang kini menggunakan material geofoam EPS untuk lokasi tanah yang labil dan sempat terjadi ambles pada urugan.

BACA JUGA:WOW, Jusuf Hamka Jadi Warga Istimewa Sumedang Setelah Bangun Tol Cisumdawu: Desa Jadi Kota

Namun, penggunaan material EPS geofoam secara besar-besaran ada di Seksi 5A STA 400+200 atau Dusun Sawah Pasir Kodok, Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang.

Selain pada Jalur A, penggunaan material serupa juga diaplikasikan di Jalur B. Diharapkan, penggunaannya dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan dan menangani kondisi tanah labil.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian juga melakukan peninjauan lapangan ke Seksi 4 dan 5 Tol Cisumdawu.

Hedy meninjau kembali progres konstruksi pada Seksi 4 Cimalaka - Legok dan Seksi 5 Legok - Ujung Jaya yang pada saat arus mudik dan balik Idul Fitri sempat beroperasi fungsional satu arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: