PENGUMUMAN! Tol Cisumdawu Kembali Dipakai untuk Arus Balik Kertajati - Cimalaka

PENGUMUMAN! Tol Cisumdawu Kembali Dipakai untuk Arus Balik Kertajati - Cimalaka

Tol Cisumdawu mulai dari Kertajati ke Cimalaka akan digunakan untuk arus balik.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu kembali dipakai arus balik dari Kertajati Kabupaten MAJALENGKA ke Cimalaka Sumedang, Selasa, 25, April 2023.

Ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang digunakan adalah mulai Gerbang Tol Ujung Jaya Utama sampai dengan Cimalaka.

Rencananya Jalan Tol Cisumdawu ruas fungsional akan dioperasikan sampai dengan 1 Mei 2023 atau saat arus balik selesai.

Adapun jadwal operasi arus balik dimulai pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB. Tetapi hal tersebut bergantung pada diskresi dari kepolisian untuk pengendalian lalu lintasnya.

BACA JUGA:Mau ke Bandung Lewat TOL CISUMDAWU? Simak Update Info Terkini, Bisa Berubah-ubah

Direktur Teknik dan Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Medi Suarso mengatakan, pengguna Tol Cisumdawu untuk arus balik sudah cukup banyak.

Meski pada Senin, 24, April 2023, sempat ditutup karena digunakan untuk pengendalian lalu lintas dari arah Cimalaka ke Majalengka.

"Sudah banyak ya yang lewat tol ke arah Bandung, tapi saya belum menghitung traffic-nya berapa," kata Bagus, dilansir dari Antara, Selasa, 25, April 2023.

Kini Gerbang Tol Ujung Jaya Utama di Tol Cisumdawu hanya melayani kendaraan yang berasal dari Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

BACA JUGA:WADUH! Sempat Dibuka untuk Arus Balik, TOL CISUMDAWU dari Majalengka Ditutup karena Cimalaka Padat

Adapun ruas jalur fungsional Tol Ciwsumdawu itu diterapkan mulai dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama hingga kawasan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Dengan sistem one way tersebut, kendaraan yang berasal dari Bandung menuju ke arah timur itu tidak bisa mengakses ruas fungsional. Sehingga kendaraan dari arah Bandung itu kemudian diarahkan untuk keluar melalui Gerbang Tol Cimalaka.

Sedangkan untuk ruas tol dari Gerbang Tol Cileunyi hingga Cimalaka masih beroperasi normal dan bisa digunakan kedua arah.

Bagus mengatakan jalur fungsional pada ruas Tol Ciwsumdawu itu dipergunakan hingga tanggal 1 Mei 2023, atau hingga arus balik selesai. Kemudian ruas tol itu menurutnya ditutup untuk sementara waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: