Cerita Pesawat Angkut Terbesar di Dunia Singgah di Majalengka yang Membuat Bandara Kertajati Jadi Sorotan Lagi

Cerita Pesawat Angkut Terbesar di Dunia Singgah di Majalengka yang Membuat Bandara Kertajati Jadi Sorotan Lagi

Pesawat angkut terbesar di dunia Antonov AN-124 100 mendarat di Bandara Kertajati Majalengka.-Leonardo Edwin/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:YUK SIMAK Jadwal Arus Balik TOL CISUMDAWU, Mulai 24 April Satu Arah ke Cileunyi di Ruas Fungsional

Berikut beberapa fakta terkait Pesawat Antonov An-124 100 yang mendarat di Bandara Kertajati Majalengka:

  • Daya muat 150.000 kg
  • Panjang 68,9 m
  • Rentang sayap 73,3 m
  • Tinggi 20,78 meter
  • Berat kosong 175.000 kg
  • Berat isi 405.000 kg

Berbekal mesin tersebut, pesawat dapat melaku dengan kecepatan maksimal 865 kilometer per jam dan laju jelajah 800 sampai dengan 850 kilometer per jam.

Sedangkan untuk daya jelajah atau jangkauan bisa menembus 5.400 kilometer sekali terbang. Karenanya, ketika penerbangan dari Houston, Texas dengan tujuan Bandara Kertajati Majalengka, pesawat ini harus singgah di Nagoya, Jepang untuk isi bahan bakar.

BACA JUGA:NASIB Pedagang Tape Gantung dan Ubi Cilembu di Cadas Pangeran Pasca TOL CISUMDAWU Beroperasi, Sepi dan Sepi

Pendaratan pesawat Antonov tersebut, ternyata tidak lepas dari spesifikasi dari BIJB Kertajati yang mampu didarati pesawat berbadan lebar. Termasuk pesawat cargo terbesar di dunia saat ini seperti Antonov.

Direktur PT BIJB (Perseroda), Muhammad Singgih mengatakan, pendaratan Pesawat Antonov dengan Call Sign Ruslan itu, menandakan Bandara Kertajati memang mumpuni untuk menangani pesawat besar.

"Fasilitas di Bandara Kertajati sangat mumpuni. Runway kita telah comply dengan standar internasional," kata Muhammad Singgih, dilansir dari publikasi PT BIJB.

Dijelaskan Singgih, dengan ukuran runway yang ada saat ini, tentunya sangat menunjang untuk pendaratan pesawat berbadan lebar dan besar seperti Antonov.

BACA JUGA:SERU! 3 Momen Mudik Lebaran Para Artis di Majalengka, Jajan Bakso Favorit, Manjat Pohon

"Dengan dimensi runway saat ini yaitu 3.000 x 60 m, akan mampu untuk mendaratkan pesawat berbadan lebar, termasuk Antonov 124 100," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: