Cerita Pesawat Angkut Terbesar di Dunia Singgah di Majalengka yang Membuat Bandara Kertajati Jadi Sorotan Lagi

Cerita Pesawat Angkut Terbesar di Dunia Singgah di Majalengka yang Membuat Bandara Kertajati Jadi Sorotan Lagi

Pesawat angkut terbesar di dunia Antonov AN-124 100 mendarat di Bandara Kertajati Majalengka.-Leonardo Edwin/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pesawat angkut terbesar di dunia yang saat ini masih beroperasi, Antonov AN 124-100 singgah ke Bandara Kertajati MAJALENGKA, menjadi perbincangan luas.

Bahkan, kedatangan Pesawat Antonov AN-14100 dengan call sign Ruslan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, sempat jadi sorotan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Sekaligus menyinggung bahwa bandar udara internasional di Jawa Barat itu, mumpuni untuk melayani penerbangan pesawat berbadan besar sekalipun.

Sehingga Bandara Kertajati yang dioperasikan PT BIJB (Perseroda), sangat representatif untuk melayani penerbangan internasional baik penumpang maupun kargo.

BACA JUGA:ARUS BALIK dari Majalengka ke Bandung Lewat TOL CISUMDAWU, Masuk Bukan dari Dawuan Tapi Kertajati

Belakangan terungkap, pesawat Antonov itu disewa operator transportasi kargo yang dipakai oleh PT Chandra Asri Petrochemical.

Emiten milik taipan Prajogo Pangestu itu, membeli mesin pabrik di Texas, Amerika Serikat. Kemudian mendatangkannya ke Indonesia menggunakan pesawat cargo terbesar di dunia.

Penerbangan dengan jarak tempuh hampir 10 ribu kilometer itu, dilakukan hanya dengan 1 kali transit.

Yang dimulai dari Bandara Houston, Texas ke Bandara Nagoya di Jepang dengan rute terbang sepanjang kurang lebih 4.800-an kilometer.

BACA JUGA:CERITA MUDIK dari Bandung - Majalengka Lewat TOL CISUMDAWU: Dikira 2 Jam, Eh 45 Menit Sampe

Transir pertama ini dilakukan untuk pengisian bahan bakar. Lalu, pesawat dengan julukan Slon atau gajah itu, kembali terbang untuk menuju ke Bandara Kertajati Majalengka.

Meski singgah hanya kurang dari 4 jam, tetapi pendaratan Antonov AN-124 100 sukses menjadikan Bandara Kertajati masuk kembali dalam topik perbincangan.

Bahkan kini sejumlah rencana penerbangan akan dilayani, mulai umrah, penerbangan internasional hingga keperluan haji.

Menyusul kemudian pembukaan rute domestik yang waktunya sampai dengan sekarang belum terkonfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: