WOW! Sempat Uji Coba di Bandara Kertajati, TransNusa Operasikan Pesawat Made in China Pertama di Indonesia

WOW! Sempat Uji Coba di Bandara Kertajati, TransNusa Operasikan Pesawat Made in China Pertama di Indonesia

Pesawat Comac ARJ21-700 yang dioperasikan Transnusa saat latihan di Bandara Kertajati Majalengka. -Ist-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Maskapai TransNusa yang sempat melakukan latihan pesawat Comac ARJ21-700 di Bandara Kertajati Majalengka akhirnya resmi mengoperasikan armada barunya untuk rute domestik.

Latihan menggunakan pesawat Comac ARJ21-700 dilakukan pada Bulan Februari 2023, di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Maskapai TransNusa rencananya akan mendatangkan setidaknya 10 armada pesawat buatan Commercial Aircraft Manufacturing of China (Comac) tipe ARJ21-700 untuk dioperasikan di Indonesia.

Pesawat dengan mesin jet di bagian ekor atau tail itu, diklaim mampu terbang lebih cepat karena aerodinamis yang lebih baik. Sekaligus menjadi pesawat buatan China pertama yang dioperasikan di Indonesia.

BACA JUGA:One Way Terbukti Mengurangi Kepadatan Kendaraan di Rest Area KM 166 Tol Cipali

Menariknya, TransNusa juga menjadi maskapai Indonesia pertama yang menggunakan pesawat buatan China. Sekaligus menjadi maskapai pertama di luar China yang mengoperasikan secara komersial di luar negara tersebut.

Rencananya, TransNusa akan menggunakan Comac ARJ21-700 untuk melayani penerbangan domestik dan internasional, serta sejumlah rute baru yang akan dibuka.

Direktur Utama TransNusa, Bayu Sutanto menjelaskan, pesawat tersebut terbukti andal. Karena kemampuan aerodinamisnya, waktu tempuh Jakarta - Bali yang biasanya 2 jam penerbangan menjadi hanya 1,5 jam saja.

“Hingga saat ini, kami telah dikenal beroperasi menggunakan Airbus A320-NEO dan A320-CEO. Per 19 April, pesawat COMAC ARJ21-700 pertama akan turut memperkuat armada TransNusa di Indonesia dan sebagai permulaan akan meramaikan langit Jakarta-Bali,” kata Bayu dilansir dari Antara, Kamis, 20, April 2023.

BACA JUGA:SIMAK YUK! Berikut Jadwal Penerbangan Bandara Kertajati Mei 2023, Ada 11 Loh, Garuda dan AirAsia

Bayu menyampaikan apresiasi kepada pemerintah, regulator, pengelola bandar udara, serta seluruh pihak dan lembaga yang telah terlibat sehingga kehadiran dan pengoperasian pesawat COMAC ARJ21-700 pertama di Indonesia ini dapat terealisasi dan dinikmati para pengguna jasa.

Pengoperasian COMAC ARJ21-700 merupakan salah satu langkah strategis TransNusa dalam menghadirkan peremajaan armada yang sekaligus mendukung ekspansi bisnis penerbangan berkonsep LCC (Low Cost Carrier) yang dibawa oleh maskapai.

Upaya tersebut juga dilakukan untuk memberikan pelayanan penerbangan berkualitas, menambah pengalaman yang Aman, Ekonomis dan Nyaman (Safe, Affordable, and Comfortable) bagi masyarakat Indonesia.

COMAC ARJ21-700 TransNusa memiliki konfigurasi 3-2 lorong tunggal (single aisle) dengan kapasitas 95 kursi dan menghadirkan interior modern serta futuristik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: