SITUASI MUDIK lewat TOL CISUMDAWU, Lancar Jaya, Sensasi Pemandangan dan Track Ikonik

SITUASI MUDIK lewat TOL CISUMDAWU, Lancar Jaya, Sensasi Pemandangan dan Track Ikonik

Situasi lalu lintas arus mudik Tol Cisumdawu yang dibuka fungsional Seksi 4 sampai dengan 6.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Akhirnya TOL CISUMDAWU Dibuka Pagi Hari Ini, Tembus ke Kertajati Majalengka

"Kita dari kepolisian Polres Sumedang melakukan pengecekan kembali, dan di mana bagian dari rangkaian upaya kita menyiapkan," ungkapnya.

Meskipun tol ini sudah siap dilalui, sambung Kapolres, namun tetap memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan pengguna jalan.

Salah satunya rekayasa yang dilakukan di beberapa ruas Tol Cisumdawu. Mulai dari adanya pergantian jalur dari A dan B, ada beberapa rambu juga rubber cone yang dipasang agar pengendara memperlambat laju kendaraannya.

"Bisa diarahkan supaya tidak terjadi kontak atau kecelakaan, tadi kita lihat ada tikungan cukup tajam. Sehingga ada penyesuaian dari penempatan traffic cone," tuturnya.

BACA JUGA:HORE! TOL CISUMDAWU Beroperasi Hari Ini, Mulai Pukul 06.00 Cimalaka - Kertajati Dibuka

Kendati sudah mulai dioperasikan, akan diberlakukan pembatasan waktu setiap harinya yakni mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pembatasan tersebut tidak lepas dari situasi di Tol Cipali yang diprediksi dipadati kendaraan dari arah Jakarta ke Jawa Tengah.

Dengan pembatasan tersebut, diharapkan lalu lintas mudik dapat terkendali. Sedangkan untuk kendaraan dari arah Bandung yang hendak ke arah Jawa Tengah maupun lalu lintas Tol Cipali tidak terjadi kemacetan. 

"Tol Cipali ini hanya memiliki dua jalur," kata Menhub, saat berkunjung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:WOW BANGET! Rest Area Tol Cisumdawu Bakal Punya Pemandian Air Panas, Jusuf Hamka Bilang Gini

Menhub menegaskan, belum dioperasikannya Tol Cisumdawu bukan dikarenakan faktor konstruksi yang belum selesai. Tetapi lebih kepada pertimbangan lain.

Karenanya yang disiapkan adalah skenario untuk pembatasan lalu lintas. Semula pengendalian tersebut akan dilakukan di Gerbang Tol Sumedang Kota.

Demikian update situasi mudik lewat Tol Cisumdawu yang sudah mulai dibuka mulai hari ini, Minggu, 16, April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: