HORE! TOL CISUMDAWU Beroperasi Hari Ini, Mulai Pukul 06.00 Cimalaka - Kertajati Dibuka

HORE! TOL CISUMDAWU Beroperasi Hari Ini, Mulai Pukul 06.00 Cimalaka - Kertajati Dibuka

Tol Cisumdawu beroperasi hari ini, Minggu, 16, April 2023.-BPJT-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu pada ruas fungsional Cimalaka - Kertajati akhirnya dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB, untuk arus mudik lebaran.

Keputusan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dibuka, setelah dilakukan peninjauan ulang oleh jajaran kepolisian dan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), pada Sabtu, 15, April 2023.

Usai melakukan peninjauan, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, dari segi prasarana Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 sudah siap untuk dimanfaatkan secara fungsional 2 lajur.

"Manajemen trafficnya dari bapak-bapak polisi yang akan mengatur lainnya. Gratis dari Cimalaka sampai Dawuan," kata Menteri Basuki, dikutip dari publikasi Polres Sumedang.

BACA JUGA:Menhub Minta Travel Umrah Terbang dari Bandara Kertajati Majalengka, Begini Katanya

Diungkapkan Basuki, terdapat beberapa fasilitas yang diberikan kepada pengendara di sepanjang ruas yang fungsional. Diantaranya adalah rest area sementara di Kilometer 194+400 Seksi 4B Legok.

Rest area sementara itu, sudah dilengkapi lahan parkir, toilet, musala, tenda istirahat hingga tenan makanan dan minuman. Pengendara juga bisa mengisi BBM dari SPBU mobile yang disediakan oleh PT Pertamina.

"Termasuk ini ada rest area bisa 200 mobil, dan termasuk 2 pompa dari Pertamina. Saya kira saya akan serahkan ini kepada Korlantas untuk bisa dioperasikan," kata Menteri Basuki.

Kembali ditegaskan Menteri PUPR, dari segi prasarana tol sepanjang 62 kilometer tersebut sudah siap. Tetapi, pengoperasiannya diserahkan kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri).

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Belum Dibuka, Menteri PUPR Bilang Begini, Simak Kata-katanya

"Dari segi prasarana tol ini sudah siap. Tapi kapan mau dioperasikan kewenangan bapak kakorlantas," tandas Basuki.

Sementara itu, Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan berpesan agar sebelum dibuka setiap harinya dilakukan pengecekan oleh pengelola.

Tujuannya adalah menghindari gangguan di jalan tol. Dikhawatirkan, ada warga yang masuk baik berjalan kaki maupun dengan sepeda motor. Termasuk juga aktivitas kendaraan proyek.

"Setiap hari dicek dulu, siapa tahu ada yang lewat. Ada kendaraan proyek. Dicek dulu ya, setiap hari," tandas Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: