MAJU MUNDUR Tol Cisumdawu Dioperasikan untuk Mudik, Faktor Tol Cipali Jadi Pertimbangan

MAJU MUNDUR Tol Cisumdawu Dioperasikan untuk Mudik, Faktor Tol Cipali Jadi Pertimbangan

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau pengisian BBM di Rest Area Sementara Tol Cisumdawu. Ruas Tol Cisumdawu Seksi 4 - 6 kembali mundur beroperasi fungsional untuk mudik.-BPJT-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Sabtu, 15, April 2023 seharusnya bakal jadi hari bersejarah bagi Tol Cisumdawu yang dijadwalkan beroperasi fungsional.

Namun, sampai dengan sore hari tidak ada tanda-tanda Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan Seksi 4 - 6 dibuka untuk mudik.

Apalagi, lalu lintas pemudik di Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 sampai dengan 3 terpantau landai-landai saja.

Meski ada sejumlah pengendara yang sempat berhenti di dekat akses masuk Seksi 4 Cimalaka, karena masih ditutup dengan barrier.

BACA JUGA:Menhub Minta Travel Umrah Terbang dari Bandara Kertajati Majalengka, Begini Katanya

Dari pantauan visual radarmajalengka.com, lalu lintas di ruas Cileunyi sampai Cimalaka, tidak terlihat ada peningkatan signifikan. Bahkan cenderung landai.

Kepastian bahwa tol sepanjang hampir 62 kilometer tersebut tidak dioperasikan fungsional pada Ruas Cimalaka - Kertajati, akhirnya terjawab.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa ada beberapa pertimbangan sehingga Tol Cisumdawu yang sudah selesai konstruksi belum digunakan.

Salah satunya adalah proses pembersihan badan jalan di Seksi 5 yang baru menyelesaikan konstruksi pada Hari Kamis, 14, April 2023.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Belum Dibuka, Menteri PUPR Bilang Begini, Simak Kata-katanya

Pembersihan memang sudah dilakukan di Hari Jumat, dilanjutkan dengan pemasangan rambu-rambu jalan. Tetapi, proses tersebut belum sepenuhnya rampung.

Menhub mengindikasikan bahwa ruas Cimalaka - Kertajati baru akan dibuka saat puncak arus mudik lebaran.

Tetapi, pengoperasiannya juga dilakukan pembatasan. Pertimbangannya adalah Tol Cipali yang hanya memiliki 2 jalur dan akan dipadati kendaraan dari arah Jakarta ke Semarang, Jawa Tengah.

"Tol Cipali ini hanya memiliki dua jalur," kata Menhub, saat berkunjung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: