BANYAK PERTIMBANGAN! Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional untuk Mudik dengan Beragam Catatan

BANYAK PERTIMBANGAN! Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional untuk Mudik dengan Beragam Catatan

Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional untuk mudik mulai ruas Cimalaka sampai Kertajati, Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Bandara Kertajati Majalengka Sudah 3 Kali Layani Umrah, 9 Mei Ada Lagi

Tetapi, penundaan dan pembatasan pada Tol Cisumdawu lebih karena faktor mempertimbangkan situasi di Tol Cikopo Palimanan.

"Kita memang mengatur jumlahnya agar Cipali bisa di-manage dengan baik," tutur Menhub, mengenai situasi terkini.

Seperti diketahui, terdapat titik pertemuan antara Tol Cisumdawu dan Tol Cipali di Kilometer 152 Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Pada lokasi ini, kendaraan dari arah Bandung akan keluar lewat Junction Dawuan dan masuk ke Tol Cipali, bertemu dengan kendaraan dari arah Jakarta.

BACA JUGA:DITUNDA LAGI! Tol Cisumdawu Baru Beroperasi 18 April, Dibuka Jam 8 sampai 3 Sore

Meski pihak Astra Tol Cipali dan Polres Majalengka sudah menyiapkan kanalisasi agar tidak terjadi crossing lalu lintas, tetapi tetap dikhawatirkan dapat menimbulkan kepadatan.

Apalagi, setelah lokasi tersebut sekitar 14 kilometer terdapat Rest Area Km 166 dengan tipe a yang dikhawatirkan juga terjadi kepadatan.

Sebab, rest area ini menjadi lokasi favorit bagi pengendara dari arah Jakarta untuk beristirahat sejenak. Di sisi lain, pengendara dari arah Bandung juga berpotensi berhenti di tempat ini.

Mengingat Jalan Tol Cisumdawu yang belum dilengkapi dengan rest area permanen, dan hanya tersedia satu buah temporary di Km 194+400.

BACA JUGA:KETEMU JUSUF HAMKA di Km 152, Cerita Soal Rest Area Tol Cisumdawu, Ini Bocorannya

Kepadatan di rest area ini, juga telah disiapkan langkah antisipasi dengan contra flow sepenggal oleh Polres Majalengka.

Begitu juga upaya rekayasa lalu lintas lainnya, termasuk mengeluarkan kendaraan di Gerbang Tol Sumedang Kota dan Gerbang Tol Ujung Jaya 2 (Cibuluh).

Rangkaian rekayasa lalu lintas tersebut akan diberlakukan agar tidak terjadi kepadatan di Tol Cipali saat Tol Cisumdawu dibuka untuk fungsional dari Cimalaka ke Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: