BANYAK PERTIMBANGAN! Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional untuk Mudik dengan Beragam Catatan

BANYAK PERTIMBANGAN! Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional untuk Mudik dengan Beragam Catatan

Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional untuk mudik mulai ruas Cimalaka sampai Kertajati, Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Banyak pertimbangan Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Kertajati dapat dibuka fungsional untuk mudik lebaran 2023.

Seperti diketahui konstruksi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan telah berhasil diselesaikan sesuai dengan target yakni pada Kamis malam, 14, April.

Kemudian dilakukan pembersihan di ruas yang baru selesai konstruksi di Seksi 4 dan 5 Jalan Tol Cisumdawu.

Namun, target untuk dibuka pada Sabtu, 15, April ternyata urung dilakukan. Selain karena arus mudik yang masih landai, ternyata ada beberapa pertimbangan dari para pihak terkait.

BACA JUGA:Menhub Minta Travel Umrah Terbang dari Bandara Kertajati Majalengka, Begini Katanya

Salah satunya adalah dampak terhadap Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) yang hanya memiliki dua jalur. Sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan kepadatan.

Informasi yang diterima sejauh ini, Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 atau Cimalaka - Kertajati baru akan dibuka pada pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB, Minggu, 16, April 2023.

Kendati demikian, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi sempat menyebut bahwa fungsional baru dilakukan pada tanggal 18 April nanti.

Diperkirakan pada 18 April bakal menjadi puncak dari arus mudik lebaran ke arah Jawa Tengah (Jateng). Meski dibuka, namun akan dilakukan sejumlah pembatasan.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Belum Dibuka, Menteri PUPR Bilang Begini, Simak Kata-katanya

Saat berkunjung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, menhub mengungkapkan bahwa saat Tol Cisumdawu dibuka akan dilakukan pembatasan jam operasional.

Yang semula pukul 06.00 sampai 15.00, kemudian dilakukan pengendalian volume kendaraan dari Gerbang Tol Cileunyi.

"Jumlahnya dibatasi dan di-manage dari CIleunyi. Jadi jumlahnya dibatasi, kalau sudah melampaui ditutup. Yang harus diapresiasi, mungkin fungsional," kata Menhub.

Disampaikan Menhub, belum digunakannya Tol Cisumdawu bukan karena pembangunan yang belum selesai. Pihaknya bahkan mengapresiasi Kementerian PUPR yang mendampingi di lapangan hingga konstruksi benar-benar dapat selesai sesuai jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: