Kondisi Berkabut, TOL CISUMDAWU Seksi 4 sampai 6 Tidak Dioperasikan 24 Jam saat Mudik

Kondisi Berkabut, TOL CISUMDAWU Seksi 4 sampai 6 Tidak Dioperasikan 24 Jam saat Mudik

Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 kemungkinan tidak dioperasikan penuh saat arus mudik lebaran 2023.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Faktor alam menjadi salah satu pertimbangan Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai 6 tidak dioperasikan 24 jam saat mudik lebaran 2023.

Diketahui, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang berada di dataran tinggi masih kerap turun kabut pada sore hingga malam hari.

Ditambah belum tersedianya penerangan yang mencukupi pada ruas Seksi 4 sampai dengan 6, sehingga ruas tol tersebut belum dapat beroperasi penuh.

Jalan Tol Cisumdawu yang memiliki 6 seksi mulai dari Cileunyi sampai dengan Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan dioperasikan dengan pengaturan lalu lintas oleh kepolisian.

BACA JUGA:PERHATIAN! Saat Mudik TOL CISUMDAWU Hanya Beroperasi Sampai Jam 3 Sore

Untuk Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi - Cimalaka sudah beroperasi penuh dan bertarif sejak 28, Februari 2023.

Sedangkan untuk Seksi 4 sampai dengan 6 berstatus beroperasi secara fungsional untuk keperluan mudik lebaran.

Kepala Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi menjelaskan, seksi 4, 5, dan 6 tidak memungkinkan beroperasi penuh, karena riskan bagi pengemudi.

“Informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut. Itu juga riskan, para pengemudi," kata Firman dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Proyek Sangkuriang di TOL CISUMDAWU, 45 Hari Bangun Jembatan 200 Meter

Pihaknya, tidak ingin masyarakat yang menggunakan ruas Seksi 4 sampai dengan 6 terjebak di malam hari. Sementara konsentrasi petugas kepolisian juga terfokus pada lalu lintas di Tol Cikopo Palimanan (Cipali).

"Kita tidak berharap mereka (pemudik) nanti terjebak pada saat malam hari, sementara kita masih disibukkan dengan lonjakan di jalur tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi kita,” tandasnya.

Seperti diketahui, saat arus mudik lebaran nanti, lalu lintas dari Tol Cisumdawu dan Cipali akan bertemu di Kilometer 152 Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Pertemuan lalu lintas dari arah Bandung dan Jakarta tersebut, terjadi setelah Junction atau Simpang Susun Dawuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: