PENAMPAKAN Proyek Sangkuriang di TOL CISUMDAWU, 45 Hari Bangun Jembatan 200 Meter

PENAMPAKAN Proyek Sangkuriang di TOL CISUMDAWU, 45 Hari Bangun Jembatan 200 Meter

Penampakan proyek sangkuriang pembangunan Jembatan Gunung Puyuh di Seksi 5B Tol Cisumdawu.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan jembatan di Seksi 5B Tol Cisumdawu di luar perencanaan, dan baru dilakukan justru ketika hampir selesai.

Kejadian longsor pada Seksi 5B Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, membuat penanganan di bagian tersebut harus menggunakan jembatan.

Sebab, terdapat lapisan tanah yang sangat labil dan tidak memungkinkan hanya dengan urugan saja.

Terjadinya longsor di atas Underpass Ungkap, Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, sempat membuat target penyelesaian Tol Cisumdawu diragukan.

BACA JUGA:Penanganan Longsor TOL CISUMDAWU Dipastikan Beres Sebelum 15 April, Bisa untuk Mudik

Apalagi, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginginkan agar ruas tol tersebut dapat dipakai mudik lebaran.

Namun, pembangunan Jembatan Gunung Puyuh di Seksi 5B Tol Cisumdawu ternyata benar-benar menjawab keraguan tersebut.

Saat ini, 40 hari setelah dimulai dibangun jembatan, nampak di sisi kanan arah Majalengka sudah selesai dan tersambung.

Bahkan badan jalan pada abutment arah Kertajati sudah tersambung dengan jembatan. Pembangunan yang dikerjakan selama 24 jam tersebut, benar-benar menjadi kejutan.

BACA JUGA:Penerbangan Bandara Husein Dialihkan ke Kertajati, Disisakan Pesawat Baling-baling

Dari pantauan visual di Seksi 5B Jalan To Cisumdawu, terlihat Jembatan Gunung Puyuh sudah dicor hampir seluruhnya dan dalam beberapa hari ke depan nampaknya siap dilintasi kendaraan.

Diperkirakan pada ruas ini akan selesai dalam pekan depan dan selanjutnya dapat dioperasikan untuk arus mudik lebaran 2023.

Seperti diketahui, target Tol Cisumdawu beroperasi menyisakan waktu 6 hari lagi atau tepatnya pada 15 April 2023.

Untuk memastikan kesiapan tersebut, sejumlah menteri dan menko hingga Korlantas Polri melakukan peninjauan ke lapangan mulai dari Seksi 6 Ujung Jaya ke lokasi proyek di Seksi 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: