PERHATIAN! Saat Mudik TOL CISUMDAWU Hanya Beroperasi Sampai Jam 3 Sore

PERHATIAN! Saat Mudik TOL CISUMDAWU Hanya Beroperasi Sampai Jam 3 Sore

Tol Cisumdawu Seksi 4, 5 dan 6 hanya akan beroperasi sampai jam 3 sore saat arus mudik lebaran 2023.-BKIP Kemenhub-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu tidak akan beroperasi penuh saat mudik lebaran 2023, karena sejumlah faktor. Rencananya, akan ada pembatasan jam operasi. 

Hal itu, disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan ke Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Menurut Menhub, Jalan Tol Cisumdawu hanya akan beroperasi sampai pukul 15.00 WIB khusus pada Seksi 4, 5 dan 6. Sebab, ruas sepanjang 28,2 kilometer ini masih beroperasi secara fungsional

Kondisi ini, berbeda dengan Ruas Seksi 1, 2 dan 3 atau Cileunyi di Kabupaten Bandung sampai ke Cimalaka di Kabupaten Sumedang yang sudah beroperasi penuh sepanjang 32,55 kilometer.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Proyek Sangkuriang di TOL CISUMDAWU, 45 Hari Bangun Jembatan 200 Meter

Menurut Menhub, keputusan ini mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan pengguna pemudik yang melintasi tol penghubung Bandung dan Kertajati tersebut. 

Kendati demikian, beroperasinya Tol Cisumdawu akan sangat membantu kelancaran arus lalu lintas dari Bandung ke arah Majalengka, Cirebon dan Semarang saat arus mudik nanti. 

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” tutur Menhub, saat meninjau lokasi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy juga menyatakan bahwa ruas tol tersebut akan dapat dipakai secara fungsional.

BACA JUGA:2 Menteri 1 Menko hingga Kakorlantas Cek TOL CISUMDAWU, Begini Update untuk Mudik

Sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat yang akan mudik dari arah Bandung. Dengan panjang jalan hanya 62 kilometer, tentu akan sangat membantu pemudik sampai lebih cepat ke tujuan.

“Tanggal 15 April 2023 nanti tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 ini sudah selesai dan secara fungsional bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar Menko Muhadjir.

Sementara itu, Menteri Basuki menjelaskan, untuk pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

"Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Menteri Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: