INFO TERBARU Kapan TOL CISUMDAWU Bisa Dipakai? Simak!

INFO TERBARU Kapan TOL CISUMDAWU Bisa Dipakai? Simak!

Informasi terbaru kapan Tol Cisumdawu bisa dipakai oleh masyarakat.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:MELIHAT Ujungnya TOL CISUMDAWU yang Ternyata Bukan di Majalengka

Basuki mengatakan, keberadaan Tol Cisumdawu sangat penting. Sebab, beroperasinya ruas jalan tol tersebut dapat meningkatkan kelancaran arus lalu lintas dari Bandung ke Majalengka dan terkoneksi dengan Tol Cikopo Palimanan.

"Nanti saya minta laporan update sebelum lebaran, tanggal 15 April," kata Menteri PUPR di lokasi proyek, Jumat, 31, Maret 2023.

Dijelaskan Basuki, bahwa Tol Cisumdawu sepanjang 29,165 kilometer dari Seksi 4 sampai dengan 6 akan dibuka untuk arus mudik lebaran 2023.

Tetapi, dari semua seksi yang sudah dikerjakan, terdapat 3 lokasi pembangunan yang masih harus mendapatkan perhatian dan seluruhnya berada di area Seksi 5, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:Pak Basuki Tes TOL CISUMDAWU, 15 April Mau Tagih Laporan Lagi

Lokasi yang dimaksud adalah Seksi 5A di STA 40+200 Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang yang sebagian masih melakukan pekerjaan urugan dan pemasangan geofoam.

Sebelumnya, pada lokasi yang dikerjakan PT Adhi Karya ini, terdapat lapisan tanah berair dan labil yang dilakukan pengerukan dan membutuhkan volume urugan mencapai 80 ribu meter kubik.

Berikutnya, STA 45+500 yang merupakan perbatasan antara Seksi 5A dan 5B di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang.

Pada ruas ini, masih dilakukan pembentukan badan jalan sepanjang kurang lebih 2 kilometer yang menjadi perhubung antara Jembatan Conggeang dan Jembatan Kedondong.

BACA JUGA:14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, di 3 Lokasi Ini 1 Arah dari Bandung ke Majalengka

Sedangkan STA 51+000 yang terdapat perubahan konstruksi pembangunan dari jalan menjadi jembatan dengan target pekerjaan 45 hari selesai.

Jalan Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 sepanjang 29,165 Km yang terdiri dari Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 Km).

Pada 15 April 2023, kondisi mainroad pada Seksi 4 - Seksi 6 ditargetkan sudah selesai Jalur A dan Jalur B kecuali lokasi yang perlu perhatian khusus yaitu Seksi 5A di Sta 40+200 dan Sta 45+050 serta Seksi 5B di Sta 51+000.

Terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting guna memperlancar arus mudik dari arah Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu atau sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: