Pak Basuki Tes TOL CISUMDAWU, 15 April Mau Tagih Laporan Lagi

Pak Basuki Tes TOL CISUMDAWU, 15 April Mau Tagih Laporan Lagi

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat kunjungan ke Tol Cisumdawu. -Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sempat melakukan kunjungan sekaligus tes melewati sebagian Tol Cisumdawu yang sudah jadi dan beroperasi. 

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) memulai kunjungan dari Junction Dawuan di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Lalu melintasi Seksi 6 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan. 

Kunjungan tersebut untuk melihat perkembangan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu dari Seksi 4 sampai dengan 6. Sebagian sudah selesai dan masih ada yang dalam tahap konstruksi. 

Untuk yang sudah selesai adalah Seksi 6 di Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang. Kemudian di Seksi 4 sudah sedikit lagi tuntas. Karenanya pembangunan menyisakan di Seksi 5. "Nanti saya minta laporan update sebelum Lebaran, tanggal 15 April," katanya.

BACA JUGA:PANTAU TERUS Penerbangan Perdana dari Kertajati, Diprediksi Bakal Ramai

Seperti diketahui, jalan Tol Cisumdawu akan dibuka secara fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 sepanjang 29,165 Km yang terdiri dari Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 Km).

Pada 15 April 2023, kondisi mainroad Seksi 4 - Seksi 6 ditargetkan sudah selesai Jalur A dan Jalur B kecuali lokasi yang perlu perhatian khusus, yaitu Seksi 5A di Sta 40+200 dan Sta 45+050 serta Seksi 5B di Sta 51+000.

Basuki juga menyatakan, kedatangannya untuk kembali melihat progres pembangunan Tol Cisumdawu yang rencananya akan dioperasikan untuk arus mudik dan balik.

Sebab, ruas tol tersebut sangat penting untuk menunjang kelancaran mudik lebaran 2023, terutama kendaraan dari arah Bandung ke Jawa Tengah (Jateng).

BACA JUGA:Tiket Belum Bisa Dipesan, Walau Tanggal dan Rute Terbang dari Kertajati Sudah Ditetapkan

Tidak hanya sendiri, Basuki didampingi sejumlah pihak termasuk Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian.

Sementara itu, dalam paparannya kepada Forkopimda Kabupaten Sumedang, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan bahwa Seksi 4B dengan panjang 2,5 kilometer, sampai dengan sekarang sudah 98,4 persen konstruksinya.

Pada ruas Seksi 4 diperkirakan akan siap dipakai pada 15, April 2023 nanti, karena pekerjaan tinggal sedikit lagi selesai.

"Untuk agenda fungsional di tanggal 15 April insya Allah siap," sebut petugas dari PT CKJT memaparkan progres konstruksi yang sudah berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: