MELIHAT Ujungnya TOL CISUMDAWU yang Ternyata Bukan di Majalengka

MELIHAT Ujungnya TOL CISUMDAWU yang Ternyata Bukan di Majalengka

Gerbang Tol Ujung Jaya Utama yang merupakan ujung dari Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu sebentar lagi selesai dan akan dipakai mulai dari Cileunyi sampai ke MAJALENGKA untuk arus mudik lebaran 2023.

Menariknya, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ternyata tidak berujung di Kabupaten Majalengka, karena lokasi dari gerbang tol masih masuk wilayah Kabupaten Sumedang.

Ya, akses keluar atau ujung dari Jalan Tol Cisumdawu tersebut berada di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama yang berada di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya Kabupaten Sumedang.

Gerbang tol tersebut merupakan bagian dari Seksi 6B dengan panjang jalan 2,07 kilometer. Yang kemudian dihubungkan ke akses keluar yakni Simpang Susun Dawuan atau Junction Dawuan.

BACA JUGA:14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, di 3 Lokasi Ini 1 Arah dari Bandung ke Majalengka

Akses penghubung berupa simpang susun inilah yang masuk ke wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Menariknya, meski bernama Simpang Susun Dawuan, tetapi sesungguhnya wilayahnya berada di Kecamatan Kertajati.

Adapun Kecamatan Dawuan berada 10 kilometer dari lokasi Simpang Susun Dawuan di Kilometer 152 Tol Cikopo Palimanan atau Cipali.

Perubahan Trase Jalan

Sebagai informasi, penamaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan karena memang akses penghubung Bandung dengan Majalengka ini, semula berujung di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:PANTAU TERUS Penerbangan Perdana dari Kertajati, Diprediksi Bakal Ramai

Tetapi pada tahun 2017, terjadi perubahan trase jalan yang sangat signifikan di Seksi 5, yang mengakibatkan penyesuaian pada bagian akhir.

Sehingga Jalan Tol Cisumdawu berakhir di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya yang berbatasan dengan Kecamatan Kertajati.

Kemudian untuk mempertahankan nama Cisumdawu, dipakailah nama Dawuan untuk sebuah simpang susun atau junction yang berada di Kilometer 152 Tol Cikopo - Palimanan atau Cipali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: