Menembus Terowongan TOL CISUMDAWU Menghubungkan Bandung dan Majalengka

Menembus Terowongan TOL CISUMDAWU Menghubungkan Bandung dan Majalengka

Tol Cisumdawu menghubungkan Bandung dan Majalengka, diharapkan selesai pada 15 April 2023.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu mendakati selesai dan ditargetkan dapat beroperasi pada 15 April 2023, dan dapat digukan untuk mudik meski hanya sebagian.

Saat ini, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang terdiri dari 6 seksi sudah beroperasi sebagian yakni Seksi 1 sampai dengan 3 sepanjang 32,55 kilometer.

Diharapkan Seksi 4 sampai dengan 6 sepanjang 28,2 kilometer dapat beroperasi untuk menunjang perjalanan mudik dari Bandung ke Majalengka atau arah Jawa Tengah (Jateng).

Kehadiran ruas jalan tol ini, sudah sangat ditunggu oleh masyarakat. Tidak hanya untuk kepentingan mudik, tetapi terkait dengan Bandara Kertajati Majalengka hingga konektivitas Bandung - Majalengka yang mendukung kawasan Segitiga Rebana. 

BACA JUGA:Gerbang TOL CISUMDAWU Keluar Majalengka, Langsung Bablas Cipali

Sebab, keberadaan ruas jalan tol ini, akan mempercepat perjalanan dari Bandung ke Majalengka maupun Cirebon menjadi hanya satu jam saja.

Kemudian, jarak tempuh dari titik awal di Cileunyi, Kabupaten Bandung menuju Kertajati di Majalengka menjadi hanya 60 kilometer.

Meski demikian, dalam perjalanannya pembangunan Tol Cisumdawu menghadapi beragam tantangan dari sisi alam.

Pada Seksi 1 sampai dengan 3, terjadi beberapa kali perubahan konstruksi dan penyesuaian desain, karena kejadian longsor maupun lainnya.

BACA JUGA:Tentang Transnusa, Maskapai Indonesia Perdana yang Pakai Pesawat Made in China

Kondisi itu juga yang membuat Jalan Tol Cisumdawu menjadi yang pertama di Jawa Barat, memiliki terowongan kembar sepanjang kurang lebih 500 meter.

Terkait perkembangan konstruksi, saat ini tantangan alam juga dirasakan di Seksi 5 yang juga terjadi penyesuaian dan perubahan konstruksi secara signifikan.

Dari seluruh ruas Tol Cisumdawu, konstruksi saat ini menyisakan di Seksi 5 yang berada di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Medi Suarso menjelaskan, saat ini konstruksi menyisakan di Seksi 5, karena di Seksi 4 sudah hampir selesai dan siap dioperasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: