Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati, Dijuluki Si Gajah, Ini 4 Alasannya

Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati, Dijuluki Si Gajah, Ini 4 Alasannya

Pesawat Antonov AN-124 100 M yang merupakan pesawat cargo terbesar di dunia mendarat di Bandara Kertajati Majalengka.-Leonardo Edwin/Ist-radarmajalengka.com

Secara umum, pesawat ini memang pantas mendapat julukan Slon alias Si Gajah. Sebab, dari ukuran memang jumbo. Sehingga pesawat ini harus dioperasikan oleh 6 kru. 

Untuk penumpang, kapasitas pesawat ini bisa mencapai 88 orang dan ditempatkan di kompartemen atas.

BACA JUGA:SERU NIH! Mudik Pakai Helikopter, Cukup Bayar Rp7 Juta Saja, Bisa ke Daerah Ini

Dari sisi ukuran, Antonov AN-124 100 M memiliki dimensi panjang 68,96 meter, tinggi 20,78 meter dengan rentang sayap 73,7 meter.

3. Berat Kosong 175 Ribu Kg

Dengan ukuran sebesar itu, Ruslan memiliki berat kosong 175 ribu kilogram dan berat isi 405 ribu kilogram. Untuk kemampuan berat maksimum saat lepas landas adalah 405 ribu kilogram.

Untuk mengangkat bobot pesawat dan muatan yang berat, kapal ini juga menggendong mesin sebanyak 4 buah yakni Ivchenko Progress D-18T Turbofans, 229,5 kN.

Berbekal mesin tersebut, pesawat dapat melaku dengan kecepatan maksimal 865 kilometer per jam dan laju jelajah 800 sampai dengan 850 kilometer per jam.

BACA JUGA:UNIKNYA Dusun Palutungan Kuningan di Ketinggian 1.100 MDPL, Puncak Ciremai Serasa Dekat

4. Daja Jelajah 5.400 Kilometer 

Sedangkan untuk daya jelajah atau jangkauan bisa menembus 5.400 kilometer sekali terbang. Karenanya, ketika penerbangan dari Houston, Texas dengan tujuan Bandara Kertajati Majalengka, pesawat ini harus singgah di Nagoya, Jepang untuk isi bahan bakar.

Kemudian dari Nagoya melanjutkan penerbangan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIIJB) Kertajati Kabupatan Majalengka.

Kedatangan Antonov ke Bandara Kertajati, ternyata tidak hanya sekadar mengantarkan paket pesanan PT Chandra Asri Petrochemical. 

Tetapi menjadi pengakuan atas eksistensi bandara internasional tersebut, yang memiliki kemampuan untuk melayani pesawat besar baik penumpang maupun cargo yang lazim digunakan dalam penerbangan internasional.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Selama Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: