PENGUMUMAN: Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Selama Ramadhan

PENGUMUMAN: Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Selama Ramadhan

Jalur pendakian Gunung Ciremai ditutup sementara selama Ramadhan. -BTNGC-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Selama Bulan Ramadhan 1444 H, jalur pendakian Gunung Ciremai untuk sementara ditutup.

Penutupan jalur pendakian Gunung Ciremai tersebut mengacu pada surat dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) nomor PG.239/T.33/TU/HMS/3/2023.

Surat tersebut mengatur mengenai penutupan aktivitas wisata alam pendakian Gunung Ciremai dan pengaturan kegiatan wisata alam selama Bulan Ramadhan 1444 H.

Pada surat itu, BTNGC mengacu pada Keputusan Menteri Agama Nomor 300 tahun 2023 tanggal 22, Maret 2023 tentang penetapan 1 Ramadhan 1444 H.

BACA JUGA:WADUH! Mau Dipakai Haji, Jalan Jatibarang Jatitujuh Majalengka ke Bandara Kertajati Rusak dan Bergelombang

Kemudian himbauan kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, hingga MPPGC Palutungan, Linggasana, Kompepar Linggarjati dan rujukan lainnya.

Berdasarkan surat itu, disampaikan bahwa jalur pendakian di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai ditutup sementara untuk pemeliharaan jalur dan pemulihan ekosistem alami.

Diberlakukan penutupan sementara mulai 23 Maret sampai dengan 22 April nanti. Kemudian dibuka kembali mulai 23 April.

Sedangkan untuk booking pendakian secara online baru dibuka kembali pasca penutupan dengan layanan pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

BACA JUGA:Momen Saat Pesawat Ukraina, Rusia dan Amerika Mendarat di Bandara Kertajati, Ada yang Bawa Pasukan

Imbauan juga disampaikan kepada pengelola dan pemilik tempat makanan dan minuman di destinasi wisata di kawasan TNGC agar menjaga etika dan menghormati Bulan Ramadhan.

Seperti diketahui, Gunung Ciremai merupakan salah satu favorit para pendaki dari berbagai daerah. Bagik di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas pemukaan laut (MDPL) ini, memiliki 5 jalur pendakian yang resmi dan biasa digunakan.

Yakni, Jalur Pendakian Palutungan, Jalur Linggarjati, Linggasana, dan Apuy. Adapun yang terbaru adalah Trisakti Sadarehe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: