TARIF TOL CISUMDAWU yang Beroperasi untuk Mudik Lebaran, Simak Rinciannya di Sini

TARIF TOL CISUMDAWU yang Beroperasi untuk Mudik Lebaran, Simak Rinciannya di Sini

Tarif Tol Cisumdawu yang diberlakukan saat mudik lebaran 2023.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu akan beroperasi saat mudik lebaran, dan saat ini ruas yang sudah dikenakan tarif adalah Seksi 1 sampai dengan 3.

Tetapi saat mudik lebaran nanti, ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang dioperasikan adalah Seksi 1 sampai dengan 6.

Sehingga seluruh rasua Jalan Tol Cisumdawu terhubung mulai dari Cileunyi di Kabupaten Bandung sampai Junction Dawuan di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Kemungkinan besar Seksi 4 sampai dengan 6 dari Tol Cisumdawu akan beroperasi dengan status fungsional.

BACA JUGA:Disewa Chandra Asri, Pesawat Antonov Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Bawa Mesin Ini

Kepastian terkait status operasi tersebut nantinya akan ditentukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

Hal ini, diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat konferensi pers usai rapat persiapan arus mudik dan balik di Istana Presiden, Jakarta Pusat.

Budi menyampaikan, pada 15, April 2023, Jalan Tol Cisumdawu direncanakan sudah beroperasi dan melayani arus mudik dari Bandung ke Kertajati.

"Kabar gembira perlu saya sampaikan. Berfungsinya Jalan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati tanggal 15, April 2023," kata Menteri Perhubungan.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Mau Beroperasi saat Mudik, Seperti Ini Kondisinya

Mengenai status operasi dari Jalan Tol Cisumdawu apakah beroperasi penuh atau fungsional terutama pada Seksi 4 sampai dengan 6, nantinya akan diputuskan oleh Kementerian PUPR.

"Tentu policy tentang fungsional atau efektif berada di Kementerian PUPR. Fungsional hampir bisa dipastikan, mungkin ada dinamika bergeser 1 sampai 2 hari," kata Menhub, menyampaikan hasil rapat dengan presiden di Istana Negara.

Beroperasinya Tol Cisumdawu pada 15, April 2023 tentu saja hanya berselang beberapa hari dengan arus mudik yang diprediksi terjadi mulai 19, April.

Lalu bagaimana dengan tarif Tol Cisumdawu saat mudik nanti? Melihat kondisi saat ini, diperkirakan yang bertarif baru di Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi - Cimalaka sepanjang 32,55 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: