PERHATIAN! Sumedang sampai Majalengka Bisa Macet Parah Kalau TOL CISUMDAWU Belum Nyambung ke Kertajati

PERHATIAN! Sumedang sampai Majalengka Bisa Macet Parah Kalau TOL CISUMDAWU Belum Nyambung ke Kertajati

Tol Cisumdawu yang baru beroperasi sampai Seksi 3 Cimalaka, berpotensi menimbulkan macet di Jalan Raya Cirebon Bandung dari Sumedang sampai Majalengka.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Raya Cirebon Bandung mulai dari Sumedang sampai MAJALENGKA, berpotensi macet parah kalau Tol Cisumdawu belum tersambung.

Kondisi ini, dikarenakan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawauan baru sampai Seksi 3 atau Cimalaka.

Selanjutnya kendaraan harus keluar dari Jalan Tol Cisumdawu dan bergabung dengan jalur arteri.

Masalahnyap, jalur arteri mulai dari Cimalaka sampai Kadipaten, juga berpotensi padat dengan adanya sejumlah pusat keramaian.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Belum Tersambung ke Majalengka, Berkejaran dengan Target Mudik

Sehingga, kendaraan yang dari arah Bandung masuk via Gerbang Tol Cileunyi ke Cisumdawu hanya menempuh 32,55 kilometer via jalan bebas hambatan.

Perjalanan dari Cileunyi sampai Cimalaka sendiri diperkirakan hanya memakan waktu 20-30 menit.

Karenanya, perlu pengaturan lalu lintas agar kendaraan tidak terjebak di kemacetan jalur arteri saat puncak arus mudik.

Antisipasi terkait kemacetan ini, disampaikan Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan daerah sekitar seperti Sumedang dan Subang.

BACA JUGA:Akses Keluar Masuk Gerbang Tol Paseh, Progres Update TOL CISUMDAWU, Masih Penggalian

Menurut Kapolres, informasi sampai dengan saat ini, Tol Cisumdawu baru sampai Seksi 3 Cimalaka. Meski ada target untuk dibuka seluruhnya pada 15, April 2023.

"Kita berharap bahwa ini benar adanya, Tol Cisumdawu sebelum lebaran sudah bisa sampai ke Kertajati," kata Kapolres, kepada radarmajalengka.com.

Bila Tol Cisumdawu sudah tersambung, lalu lintas akan lebih lancar karena terhubung dari Bandung sampai dengan Kertajati meski belum ada rest area.

Karenanya, titik kepadatan kemungkinan akan muncul di Junction Dawuan yang merupakan pertemuan Tol Cisumdawu dengan Tol Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: