ALASAN UTAMA Kenapa TOL CISUMDAWU Harus Bisa Dipakai Mudik, Bisa Macet Mulai Cimalaka sampai Majalengka

ALASAN UTAMA Kenapa TOL CISUMDAWU Harus Bisa Dipakai Mudik, Bisa Macet Mulai Cimalaka sampai Majalengka

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi mengungkap alasan mengapa Tol Cisumdawu sebaiknya dapat beroperasi Seksi 1 sampai dengan 6 atau Cileunyi - Kertajati.-Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM – Masyarakat yang hendak melaksanakan mudik dari Bandung ke arah MAJALENGKA, Cirebon dan Jawa Tengah, harus mempersiapkan rute dari sekarang.

Tidak hanya itu, perlu memantau perkembangan terkini pengoperasian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan. Apakah bisa dipakai dari Seksi 1 sampai dengan 6 atau baru sebatas sampai Seksi 3 Cimalaka.

Sebab, beroperasinya Tol Cisumdawu dari Seksi 1 sampai dengan 6 atau baru sebatas sampai Seksi 3 Cimalaka, akan mengubah pola perjalanan masyarakat dari arah Bandung.

Bila Seksi 1 sampai degan 6 dapat beroperasi paling lambat 15, April 2023 atau H-7 Idul Fitri seperti yang direncanakan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, tentu akan memperlancar lalu lintas dari Bandung ke Cirebon.

BACA JUGA:Polres Majalengka Berharap TOL CISUMDAWU Bisa Sampai Kertajati saat Mudik, Ada Potensi Macet Tomo - Kadipaten

Sebab, kendaraan arus mudik tidak melintasi jalur arteri Sumedang – Majalengka, dan baru keluar di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama dan berlanjut ke Simpang Susun Dawuan di Km 152 Tol Cipali.

Sehingga kendaraan akan terbagi, karena kendaraan pemudik yang selama ini menggunakan Tol Cipularang dan bergabung ke Tol Jakarta Cikampek serta Tol Cipali, akan menggunakan Tol Cisumdawu yang rutenya lebih pendek.

Tetapi, bila Jalan Tol Cisumdawu baru beroperasi sampai dengan Seksi 3 atau Gerbang Tol Cimalaka, perlu dilakukan langkah antisipasi mengingat potensi kemacetan dan kepadatan kendaraan di Jalur Cimalaka, Tomo, sampai ke Kadipaten.

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi mengatakan, sampai dengan saat ini informasi yang diterima Tol Cisumdawu baru beroperasi sampai dengan Seksi 3.

BACA JUGA:Menanti Kereta Cepat Jakarta Bandung Sampai Majalengka, Jalurnya di Sebelah Tol Cisumdawu

Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah antisipasi dan rekayasa lalu lintas untuk mengurai terjadinya kemacetan.

Apalagi, di Jalan Raya Cirebon Bandung via Cimalaka, Tomo dan Kadipaten, ruas jalan hanya satu jalur. Karenanya, perlu dilakukan pengendalian di titik keluar Gerbang Tol Cimalaka.

"Kita melihat potensi adanya bangkitan arus nantinya yang melewati Tol Cisumdawu, karena sampai sekarang yang sudah dibuka baru sampai di Cimalaka," ujar AKBP Edwin, kepada radarmajalengka.com, Selasa, 7, Maret 2023.

Sampai sekarang, sambung kapolres, sudah diterima informasi dan diharapkan benar adanya, Tol Cisumdawu bisa sampai Kertajati sebelum lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: