MANTAP! Penampakan Terbaru TOL CISUMDAWU di Jembatan Conggeang, Hampir Tersambung ke Arah Majalengka

MANTAP! Penampakan Terbaru TOL CISUMDAWU di Jembatan Conggeang, Hampir Tersambung ke Arah Majalengka

Penampakan terbaru Jembatan Conggeang di Tol Cisumdawu Seksi 5A, Kabupaten Sumedang.-Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Penampakan terbaru Tol Cisumdawu yang kian mantap, setelah dilakukannya langkah percepatan oleh kontraktor pelaksana.

Salah satu progres yang paling signifikan adalah pembangunan Jembatan Conggeang, di Kampung Kawungluwuk, Kabupaten Sumedang.

Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan hingga saat ini masih dalam tahap konstruksi di Seksi 4 dan 5, dan menyisakan sejumlah pekerjaan rumah untuk diselesaikan.

Pada pantauan visual terkini di Jembatan Conggeang atau disebut juga Jembatan Parigi, nampak percepatan dilakukan dengan pemasangan 2 launcher girder sekaligus.

BACA JUGA:TENTANG Seksi 4 dan 6 TOL CISUMDAWU yang Terisolir, Selesai Tapi Belum Bisa Beroperasi

Dengan peralatan ini, pemasangan balok girder menjadi lebih cepat dan menyisakan sedikit lagi yang belum tersambung.

Launcher girder yang pertama berada di bagian tengah dan satu lagi berada di dekat abutment. Bahkan bagian yang sudah terpasang langsung dilakukan persiapan pembetonan.

Jembatan Conggeang yang merupakan jembatan kedua terpanjang di Tol Cisumdawu, saat ini dikebut untuk selesai agar dapat mengejar target Maret 2023 nanti.

Konstruksi jembatan ini, disokong oleh 14 pier head dengan lebar masing-masing 34,1 meter dan bentangan mencapai 40 meter.

BACA JUGA:OPTIMISME VS PESIMISME Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik dan Arus Balik Lebaran, 12 Tahun Belum Selesai

Pembangunan jembatan di lokasi ini, memang unik. Sebab, tidak ada sungai di lokasi tersebut. Keputusan membangun penghubung tersebut, lebih kepada pertimbangan teknis.

Sebab, di lokasi tempat berdirinya Jembatan Conggeang, lapisan tanahnya dikenal labil dan sulit untuk ditangani.

Bahkan informasi yang diterima radarmajalengka.com, ketika dilakukan pengeboran, lapisan keras baru ditemukan di kedalaman di atas 30 meter.

Pada pantuan visual terkini, untuk ke arah Bandung, nampak jembatan ini sudah selesai dilakukan pembetonan lantai dasar berikut dengan pembatas di kanan dan kiri jalan serta concrete barrier di tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: