TENTANG Seksi 4 dan 6 TOL CISUMDAWU yang Terisolir, Selesai Tapi Belum Bisa Beroperasi

TENTANG Seksi 4 dan 6 TOL CISUMDAWU yang Terisolir, Selesai Tapi Belum Bisa Beroperasi

Suasana di depan Gerbang Tol Legok - Paseh, Kabupaten Sumedang. Tol Cisumdawu Seksi 4 dan 6 akan terisolir bila belum ada gerbang tol dan seksi 5 belum selesai.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Proyek Tol Cisumdawu saat ini masih berlangsung di Seksi 4 dan 5, yang berada di Kecamatan Cimalaka, Legok, Paseh, Conggeang dan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

Menariknya, dari pembangunan yang sudah dikerjakan sampai dengan saat ini, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan seperti terpotong di Seksi 4 dan 5.

Pada Seksi 1 Tol Cisumdawu atau Cileunyi - Pamulihan sudah beroperasi terhitung 15, Februari 2022. Menyusul kemudian Seksi 2 dan 3 yang beroperasi pada 15, Desember 2022.

Di bulan yang sama, saat Seksi 2 dan 3 atau dari Sumedang ke Cimalaka beroperasi secara fungsional Seksi 6 Ujung Jaya - Kertajati sebenarnya juga sudah selesai.

BACA JUGA:TARIF Tol Cisumdawu Dibilang Kemahalan, BPJT Merespons, Mau Diturunkan Lagi?

Tetapi, Seksi 6 Ujung Jaya - Kertajati yang hanya memiliki panjang jalan 6,065 kilometer belum terhubung ke Seksi 5 di Kecamatan Conggeang.

Meski terdapat 2 pintu tol, tetapi lokasinya juga berdekatan yakni akses keluar dan masuk di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama dan Exit Tol Ujung Jaya - Cibuluh.

Karenanya, ruas yang terhubung ke Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) km 152 sekaligus akses masuk dari Majalengka, belum dapat dioperasikan karena belum terhubung dengan Seksi 5.

Kondisi serupa berpotensi berulang di Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 kilometer.

BACA JUGA:TERKINI! Update JALAN TOL CISUMDAWU Seksi 5A, Target Selesai untuk Mudik Sulit Tercapai

Di ruas ini, pembangunan sudah mendekati selesai dan dalam beberapa pekan, terlihat menjanjikan untuk dapat digunakan.

Sayangnya, Seksi 4 Tol Cisumdawu ini, berpotensi mengulang apa yang terjadi dengan Seksi 6 Ujung Jaya. Sebab, tidak ada akses keluar masuk di area itu.

Kalaupun ada, sampai dengan saat ini masih dalam tahap pembangunan dan diperkirakan tidak akan selesai dalam waktu 1 bulan.

Praktis, Seksi 4 dan 6 Tol Cisumdawu kini dalam posisi terisolir, karena tidak didukung dengan akses keluar masuk juga belum selesainya pembangunan di Seksi 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: