OPTIMISME VS PESIMISME Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik dan Arus Balik Lebaran, 12 Tahun Belum Selesai

OPTIMISME VS PESIMISME Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik dan Arus Balik Lebaran, 12 Tahun Belum Selesai

Kondisi pembangunan Tol Cisumdawu di Seksi 5B yang ditargetkan bisa dipakai mudik dan arus balik Lebaran 2023.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu sejak awal pembangunannya kerap kali mundur jauh dari target penyelesaian. Hingga akhirnya saat ini mendekati selesai.

Pada tahun 2013 misalnya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar menargetkan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dapat selesai tahun 2016.

Sebab, Jalan Tol Cisumdawu dibutuhkan untuk menunjang akses dan konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Faktanya, tahun 2016 berlalu dan di tahun 2017 justru terjadi perubahan trase jalan. Masalah pembebasan lahan memang menjadi kendala utama ketika itu.

BACA JUGA:TARIF Tol Cisumdawu Dibilang Kemahalan, BPJT Merespons, Mau Diturunkan Lagi?

Kini, kondisinya memang sudah berbeda. Lantaran tidak ada lagi masalah lahan dan pembebasan yang belum selesai. Tapi, pembangunan jalan tol Bandung - Kertajati itu, berhadapan dengan masalah alam dan geologi.

Berulang kali Tol Cisumdawu ditargetkan selesai dan beroperasi fungsional. Mulanya pada November 2022, dan ternyata gagal untuk selesai.

Kemudian bergeser menjadi Desember 2022, yang juga disambut dengan dihidupkannya penerbangan umrah dari BIJB Kertajati Majalengka.

Bahkan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat mewacanakan adanya 7 penerbangan dari Bandara Kertajati pada Desember 2022 dan bertahap terus ditambah.

BACA JUGA:TERKINI! Update JALAN TOL CISUMDAWU Seksi 5A, Target Selesai untuk Mudik Sulit Tercapai

Ternyata sampai Januari 2023, pembangunan pun masih belum tuntas. Bahkan bisa dibilang masih jauh dari selesai.

Bagaimana target optimis dan pesimis dari Tol Cisumdawu untuk selesai pada akhir Maret 2023 dan dipakai arus mudik dan balik lebaran?

Suara Optimis Tol Cisumdawu untuk Mudik

Pada 17, Januari 2023, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sempat menyatakan bahwa Tol Cisumdawu dari Bandung ke Majalengka akan tersambung seluruhnya di akhir Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: