PERSIAPAN FUNGSIONAL, Tol Cisumdawu Seksi 4 Dikebut, Masih Ada Jalan yang Terputus

PERSIAPAN FUNGSIONAL, Tol Cisumdawu Seksi 4 Dikebut, Masih Ada Jalan yang Terputus

Pantauan visual Tol Cisumdawu Seksi 4 di dekat Jembatan Cikondang menjelang persiapan beroperasi secara fungsional.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:PENAMPAKAN Terkini TOL CISUMDAWU yang akan Beroperasi Fungsional 11 Hari Lagi

Batuan ini, tentunya akan menjadi pemandangan tersendiri bagi Tol Cisumdawu di Seksi 4. Sebab, diminta untuk dipertahankan unsur geologisnya.

Tantangan alam, medan dan geologis memang dihadapi sepanjang pembangunan Tol Cisumdawu. Sebab, area yang dilewati adalah hutan dan perbukitan.

Sebagai informasi, Seksi 4 Tol Cisumdawu dikerjakan oleh PT Wijaya Karya serta PT Brantas Abipraya selaku kontraktor pelaksana.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

BACA JUGA:SIMAK! Berikut 5 Rekomendasi MUA Wedding di Majalengka Paling Terkenal, Calon Pengantin Wajib Tahu

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), perusahaan dengan pemegang saham mayoritas adalah PT CMNP milik Jusuf Hamka.

Terkait target penyelesaian Tol Cisumdawu, Menteri Basuki kembali menegaskan bahwa akses jalan bebas hambatan tersebut harus selesai pada akhir Februari 2023.

“Akhir Februari ditargetkan fungsional. Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman," ungkap Basuki.

BACA JUGA:HORE 11 Hari Lagi Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai, Menteri Basuki Hadimuljono Tegaskan Hal Ini

Pihaknya berharap jalan tol ini segera selesai, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik Bandung, Sumedang, Majalengka dan Cirebon.

Keterhubungan akses tol ini, juga akan menunjang operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Oleh karena itu, patut dinantikan perkembangan selanjutnya, khususnya di Seksi 4 dan keseluruhan Tol Cisumdawu yang ditargetkan beroperasi secara fungsional akhir Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: