PERSIAPAN FUNGSIONAL, Tol Cisumdawu Seksi 4 Dikebut, Masih Ada Jalan yang Terputus

PERSIAPAN FUNGSIONAL, Tol Cisumdawu Seksi 4 Dikebut, Masih Ada Jalan yang Terputus

Pantauan visual Tol Cisumdawu Seksi 4 di dekat Jembatan Cikondang menjelang persiapan beroperasi secara fungsional.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu sedang dikebut untuk persiapan beroperasi secara fungsional pada akhir Februari 2023.

Saat ini, sedang dilakukan percepatan pembangunan di Seksi 4 dan Seksi 5 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dengan mengerahkan alat berat dan peralatan lainnya.

Di Seksi 4 yang berbatasan dengan Cimalaka, progres pekerjaan juga dilakukan percepatan dari progres yang dilaporkan yakni 91 persen di Seksi 4A dan 94 persen di Seksi 4B.

Seksi 4 Tol Cisumdawu ini memiliki panjang hingga 8,20 kilometer dan tersambung ke Seksi 5 yang berada di Kecamatan Conggeang.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Jembatan Terpanjang di TOL CISUMDAWU Jelang Target Beroperasi 10 Hari Lagi

Di ruas ini, sedang dilakukan percepatan untuk penyelesaian di dekat Jembatan Cikondang, di mana dari pantauan visual terlihat pekerjaan pembuatan main road.

Dari seluruh Seksi 4, hanya di dekat Jembatan Cikondang yang akses main road-nya belum terbangun, dan masih dilakukan pembentukan.

Pada lokasi ini, juga sedang dilakukan pembentukan tebing untuk mencegah terjadinya longsoran ke badan jalan. Mengingat kanan dan kiri akses tol ini, membelah perbukitan.

Di luar Seksi 4A yang terhubung ke Seksi 3, memang sudah terlihat sangat signifikan dan main road seluruhnya hampir rampung.

BACA JUGA:HORE 10 Hari Lagi TOL CISUMDAWU Beroperasi Fungsional, Bandung ke Majalengka 45 Menit Sampai

Karenanya, pekerjaan di Seksi 4A dan 4B menyisakan sedikit lagi main road, disertai dengan penataan tebing dan senderan jalan.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, PUPR, Basuki Hadimuljono mengapresiasi pekerjaan di area ini. Menurutnya, progres konstruksi sudah baik.

"Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” kata Menteri Basuki, yang melakukan kunjungan ke Seksi 4 dan 5 Tol Cisumdawu.

Terkait dengan batauan di lereng, yang dimaksud Menteri PUPR adalah area di sekitar Jembatan Cikondang. Pada bagian itu, memang terlihat ada bukit batu yang di berada di kanan dan kiri akses jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: