HORE 11 Hari Lagi Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai, Menteri Basuki Hadimuljono Tegaskan Hal Ini

HORE 11 Hari Lagi Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai, Menteri Basuki Hadimuljono Tegaskan Hal Ini

Tol Cisumdawu ditargetkan selesai akhir Februari 2023. Penampakan Jembatan Kedondong yang baru saja tersambung.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pekerjaan konstruksi Tol Cisumdawu mengalami percepatan signifikan, untuk mengejar target selesai 11 hari lagi.

Target ambisius Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan selesai dan beroperasi fungsional pada akhir Februari 2023, diungkapkan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Saat melakukan kunjungan akhir pekan lalu, Basuki menegaskan bahwa pada akhir Februari 2023 Jalan Tol Cisumdawu harus sudah selesai dan beroperasi secara fungsional.

Dengan demikian, akses jalan tol tersebut dapat menunjang aktivitas mudik dan arus balik lebaran 2023.

BACA JUGA:Jalan Cadas Pangeran Sepi Setelah Ada TOL CISUMDAWU, Diusulkan Jadi Lokasi Wisata Baru di Sumedang

Tentunya, karena masih fungsional, akses Tol Cisumdawu tersebut khususnya di Seksi 4 sampai dengan 6 kemungkinan besar masih gratis.

Kendati demikia, target untuk selesai dalam 11 hari lagi sepertinya sulit tercapai bila melihat kondisi di lapangan dan pekerjaan yang masih berlangsung.

Saat ini, pekerjaan terberat berlangsung di Seksi 5B Tol Cisumdawu yang berada di Kecamatan Conggeang dan berbatasan dengan Ujung Jaya.

Ruas sepanjang 14,90 kilometer tersebut sebagian masih belum dilakukan pembangunan jalan, meski terlihat ada percepatan dalam pembangunan.

BACA JUGA:Tentan TOL CISUMDAWU yang Ternyata Tak Sampai Dawuan Majalengka, Gerbang Akhir di Sumedang

Misalnya progres Jembatan Kedondong yang saat ini sudah terhubung seluruhnya, dan pemasangan balok girder terakhir baru saja tuntas pada Jumat, 17, Februari 2023.

Karenanya, pembangunan jembatan sepanjang 743,5 meter tersebut akan memasuki pengecoran lantai jalan dan dilanjutkan dengan akses main road.

Dari pantauan visual, terlihat di Seksi 5B juga sedang berlangsung pekerjaan rest area. Kemungkinan besar rest area ini tidak akan selesai pada saat jalan tol beroperasi secara fungsional.

Karenanya, Menteri Basuki mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: