Mengenal Tol Getaci, Calon Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Majalengka ke Tasikmalaya Pindah Jalur

Mengenal Tol Getaci, Calon Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Majalengka ke Tasikmalaya Pindah Jalur

Tol Getaci akan dibangun untuk menghubungkan Bandung dan Tasikmalaya, tetapi juga terkoneksi dengan jaringan jalan sehingga turut memudahkan warga Kabupaten Majalengka via Tol Cisumdawu.-Jasa Marga-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap merupakan calon Tol terpanjang di Indonesia yang akan dibangun tahun 2023.

Keberadaan Tol Getaci nantinya akan menjadi penghubung Bandung dengan Tasikmalaya dan Cilacap, atau berada di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menariknya, Tol Getaci juga akan terhubung dengan jaringan jalan tol Jawa Barat, termasuk Tol Padaleunyi, Bandung Intra Urban Toll Road, dan tentunya ke bisa diakses dari Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau jalan tol Cisumdawu.

Bila akses ini jadi pada tahun 2024 mendatang dan Tol Cisumdawu juga terhubung pada Maret 2023, tentu saja perjalanan dari Kabupaten Majalengka ke Tasikmalaya bisa memiliki alternatif lain.

BACA JUGA:NGGAK SABAR! Tol Cisumdawu Selesai Maret 2023, Simak Kondisi di Seksi 4 dan 5 Terbaru Arah Majalengka

Selama ini, perjalanan dari Kabupaten Majalengka ke Tasikmalaya memakan waktu kurang lebih sekitar 2,5 sampai dengan 3 jam.

Ada tiga alternatif jalan yang biasa dipakai saat ini yakni via Kecamatan Talaga dilanjutkan ke Panjalu, lalu ke Tasikmalaya.

Jalur kedua adalah dari Majalengka via Cipasung dan dilanjutkan ke Panjalu lalu ke Tasikmalaya.

Rute kedua memakan waktu lebih kurang 3 jam perjalanan. Sedangkan rute ketiga yang merupakan jalur alternatif adalah via Malangbong, Ciawi lalu ke Kota Tasikmalaya dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

BACA JUGA:Desa Mandiri di Majalengka Tagih Janji Hadiah Mobil dari Kang Emil,

Bila pada 2024 nanti Tol Getaci terhubung mulai dari Bandung ke Tasikmalaya, tentu perjalanan akan jauh lebih cepat.

Yakni via Tol Cisumdawu untuk menuju ke Cileunyi, lalu dilanjutkan ke Tol Padaleunyi dan ke Tol Getaci.

Waktu tempuh perjalanan Majalengka ke Cileunyi via Tol Cisumdawu hanya 45 menit saja, sedangkan Bandung ke tasikmalaya via Tol Getaci kurang dari 1 jam.

Karenanya, keberadaan Tol Getaci diprediksi akan mengubah rute perjalanan dari Majalengka ke Tasikmalaya menggunakan jalur tol tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: