Gambaran Rute Bandara Kertajati Setelah Jalan Tol Cisumdawu Dibuka, Maret Mulai Terbang

Gambaran Rute Bandara Kertajati Setelah Jalan Tol Cisumdawu Dibuka, Maret Mulai Terbang

Rute penerbangan dari BIJB atau Bandara Kertajati akan kembali dibuka Maret 2023 setelah Jalan Tol Cisumdawu beroperasi penuh.-BIJB Kertajati-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati memastikan akan kembali membuka 12 rute penerbangan  domestik dan internasional bila Jalan Tol Cisumdawu selesai dikerjakan.

Karenanya, rencana 12 penerbangan domestik dan internasional dari Bandara Kertajati itu, bergantung dengan pengoperasian Tol Cisundawu di Bulan Februari mendatang.

VP Corporate Secretary and General Administration BIJB Kertajati, Dian Nurrahman mengatakan, 12 rute penerbangan tersebut sesuai dengan hasil komunikasi pihaknya dengan para maskapai, baik domestik maupun internasional.

Untuk rute internasional sendiri tambah Dian, pihaknya sudah berkomunikasi secara intens dengan maskapai Malaysia Airlines , dan beberapa maskapai lainnya.

BACA JUGA:VIRAL! Oknum Suporter Dilarang Nonton Persib Bandung di Stadion Seumur Hidup Gara-gara Menyalakan Flare

Sementara untuk rute internasional untuk tujuan Arab Saudi khususnya untuk melayani jemaah umrah, juga sudah siap.

Pihaknya mengaku sudah ada maskapai yang siap terbang. Bahkan direncanakan 1 minggu 1 kali penerbangan untuk mengangkut jamaah umrah, yang rencananya akan dimulai di awal Maret 2023.

Kemudian terkait persiapan BIJB menjadi bandara penerbangan haji, pihak otoritas Saudi Arabia, melalui tim assessment sudah melakukan pemeriksaan. Pada pemeriksaan terakhir akan dilakukan sekitar tanggal 27, Februari 2023 mendatang.

Dari pemeriksaan awal, memang masih ada temuan, namun pada prinsipnya pihaknya sudah melakukan perbaikan dan penataan sesuai instruksi dari pihak tim otoritas Arab Saudi.

BACA JUGA:Daerah Boleh Mengajukan Exit Tol Cisumdawu, Indramayu Boleh Bikin Sodetan, Cirebon Minat Juga?

Sehingga saat ini BIJB sudah benar benar siap untuk bisa melayani penerbangan Haji dan Umrah tersebut.

Dan tentunya sambung dia, bukan  hanya berdasarkan assessment dari Pemerintah Indonesia saja, melainkan pihak otoritas Saudi Arabia yang melakukan assessment ke BIJB.

"Hasilnya BIJB dinyatakan layak untuk mengangkut jamaah haji dan Umrah," tandasnya.

Selain itu, bila Tol Cisumdawu bisa beroperasi di bulan Februari mendatang, akan berdampak positif tentunya bagi penerbangan domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: