Leunca Yang Sering Digunakan Dalam Masakan Mengandung Banyak Manfaat Loh! Simak Beberapa Manfaatnya

Leunca Yang Sering Digunakan Dalam Masakan Mengandung Banyak Manfaat Loh! Simak Beberapa Manfaatnya

Manfaat leunca bagi kesehatan tubuh -Detikcom-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Leunca adalah sayuran yang berbentuk bulat kecil dengan tekstur lembut. sayuran yang sering dijadikan lalapan atau bahan untuk membuat sambal ini menyimpan nutrisi yang melimpah, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Leunca sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional karena dapat memberikan manfaat berikut ini:

1. Mencegah osteoporosis

Konsumsi leunca termasuk salah satu cara untuk menguatkan tulang. Manfaat ini berkat kandungan kalsium, fosfor, dan protein yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang sekaligus meningkatkan kekuatan tulang. Dengan begitu, risiko terjadinya osteoporosis dan patah tulang dapat menurun.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Makan Ayam Goreng Paling Diincar Banyak Orang di Bogor Jawa Barat

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C, zinc, dan beta karoten di dalam leunca dapat membantu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah sakit. Selain itu, protein di dalam sayuran ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan berkat perannya dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

3. Menjaga kesehatan mata

Sayuran leunca memiliki manfaat bagi kesehatan mata berkat kandungan beta karoten, vitamin C, serta zinc di dalamnya. Nutrisi tersebut dapat mengurangi peradangan pada mata serta menjaga fungsi kornea dan retina dengan baik, sehingga risiko terkena katarak dan degenerasi makula dapat menurun.

4. Menurunkan kolesterol

Leunca mengandung senyawa antioksidan, yaitu flavonoid, antosianin, dan polifenol, yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Senyawa tersebut dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat di dalam darah. Dengan begitu, risiko terjadinya aterosklerosis, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung dapat menurun. 

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Makan Nasi Ayam di Semarang, Paling Gurih dan Kaya Rempah

5. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Leunca bisa menjadi pilihan makanan yang menyehatkan kulit. Protein, lemak, dan antioksidan pada leunca dapat membantu memperbaiki dan memperbarui jaringan kulit yang rusak. Dengan begitu, kulit menjadi lebih sehat dan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus, bintik hitam, dan kulit kusam, dapat tersamarkan. Itulah manfaat leunca yang jarang diketahui namun sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: