Anda Mengalami Pusing Saat Bangun Tidur? Berikut Beberapa Cara Meredakannya

Anda Mengalami Pusing Saat Bangun Tidur? Berikut Beberapa Cara Meredakannya

Cara menghilangkan pusing saat bangun tidur -Klikdokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Keluhan pusing saat bangun tidur umumnya disebabkan oleh dehidrasi, tekanan darah rendah, dan gula darah rendah. Meskipun umumnya bukan suatu hal yang serius, kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika Anda mengalami kondisi ini, ada berbagai cara menghilangkan pusing saat bangun tidur yang bisa dicoba. Dengan begitu kondisi ini dapat segera teratasi dan aktivitas Anda tidak akan terganggu. Cara menghilangkan pusing saat bangun tidur bisa dengan minum air putih yang cukup hingga mengonsumsi obat pereda nyeri. Berikut ini adalah penjelasannya:

BACA JUGA:Tidak Hanya Lezat Dimakan Rajungan Memiliki Banyak Manfaat Berikut Deretan Manfaatnya

1. Minum air jahe

Bila keluhan pusing saat bangun tidur disertai dengan rasa mual, Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe. Minum air jahe sudah lama dikenal mampu meredakan mual dan muntah. Namun, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air rempah ini ketika merasa mual.

2. Bangun secara perlahan

Untuk meredam rasa pusing, Anda disarankan untuk bangun dari tempat tidur secara perlahan. Cobalah untuk duduk terlebih dahulu sebelum bangkit dari tempat tidur. Jika dirasa pusing sudah membaik, Anda dapat berjalan secara perlahan.

BACA JUGA:Ini Dia Beberapa Manfaat Masker Teh Hijau Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Kulit

3. Minum air putih yang cukup

Ketika tubuh kekurangan cairan, sirkulasi darah ke otak akan terganggu sehingga membuat keluhan pusing saat bangun tidur terjadi. Oleh karena itu, cara menghilangkan pusing saat bangun tidur bisa berupa minum air putih yang cukup meskipun Anda tidak merasa haus sekalipun. Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari supaya tubuh terhidrasi. Dengan membiasakan hal ini, risiko untuk mengalami pusing saat bangun tidur akan berkurang.

4. Hirup aroma minyak esensial

Anda juga bisa menghirup aroma minyak esensial ketika pusing saat bangun tidur menyerang. Minyak esensial, seperti minyak peppermint dan minyak lavender, mampu mengurangi rasa pusing berkat sifat relaksasi yang dimilikinya.

BACA JUGA:Anda Memiliki Leher Bergaris? Ini Dia Penyebabnya

5. Konsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri atau obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti ibuprofen, tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala, tetapi juga pusing saat bangun tidur. Obat ini umumnya dijual secara bebas di apotek, tetapi Anda dianjurkan untuk selalu mengikuti aturan konsumsi yang tertera pada kemasan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi. Itulah beberapa cara menghilangkan pusing kepala saat bangun tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: